PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA RSUD DR. HI. ABDUL MOELOEK PROVINSI LAMPUNG


2020

YULI RAHMIYATUN



 

Faktor Gaya kepemimpinan merupakan faktor yang sangat menentukan kelangsungan hidup instansi. Dengan demikian kedudukan seorang pemimpin dalam suatu isntansi memegang peranan yang penting terhadap keberhasilan atau kegagalan dalam mencapai sasaran yang telah ditentukan perusahaan. Gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh pemimpin di instansi tersebut dapat berpengaruh terhadap produktivitas kerja pegawai.

Masalah yang dihadapi RSUD Dr. Hi. Abdul Moeloek Provinsi Lampung adalah belum optimalnya produktivitas kerja yang diduga berkaitan dengan gaya kepemimpinan. Permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan bahwa gaya kepemimpinan berpengaruh terhadap produktivitas kerja pada RSUD Dr. Hi. Abdul Moeloek Provinsi Lampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan terhadap produktivitas kerja pegawai pada RSUD Dr. Hi. Abdul Moeloek Provinsi Lampung.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Gaya kepemimpinan berpengaruh terhadap produktivitas kerja pegawai pada RSUD Dr. Hi. Abdul Moeloek Provinsi Lampung, dengan nilai sebesar  69,4%. Pengaruh tersebut bernilai positif, artinya pengaruh gaya kepemimpinan terhadap produktivitas kerja pegawai berpengaruh terhadap produktivitas kerja pegawai. Sementara itu sisanya sebesar 30.6% dipengaruhi oleh berbagai variabel lain yang tidak diteliti. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > tTabel pada taraf signifikan 95%, dengan perbandingan 12.318 > 1.676. Artinya pengaruh gaya kepemimpinan terhadap produktivitas kerja pegawai pada RSUD Dr. Hi. Abdul Moeloek Provinsi Lampung adalah signifikan.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved