PENGARUH BUDAYA PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. PELABUHAN INDONESIA II (PERSERO) CABANG PANJANG


2020

MUHAMMAD SOFYAN



 

Obyek pada penelitian ini adalah permasalahanbudayaperusahaan dan kinerjakaryawanpada kantor PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Panjang. Fakta yang dapatdigambarkan  di PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Panjang  adalahkaryawandalammelaksanakankegiatankurangantusias dan terkesankurangsemangat dan tanggungjawabterhadaphasilkerjanya. Selainitu, tingkatkehadirankaryawan di kantorbelummaksimal, di sampingadanyabeberapakaryawan yang terlambathadirmenunjukkanbahwabudayaprofesionalismekaryawanterhadapperusahaanmasihrendah.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiadatidaknyapengaruhbudayaperusahaanterhadapkinerja. Hipotesis yang diajukanadalahadapengaruhbudayaperusahaanterhadapkinerjakaryawan.

Populasi pada penelitianiniadalahsebanyak131 karyawan dan sampelyang digunakansebanyak33karyawan. Pengolahan data primer dengan pendekatanmetode analisis kualitatif dan kuantitatif dibantualat statistik aplikasi program SPSSversi 21.0.untukperhitungan uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisienregresi linier sederhana, uji t  dan uji koefisiendeterminasi.

         Hasil penelitianmenunjukkanbahwabudayaperusahaanmemilikipengaruhterhadapkinerjakaryawan di PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Panjang, dengankontribusisebesar63,8 %, sedangkansebesar 36,2% merupakankontribusivariasivariabel-variabelbebaslainnyayang tidakditeliti, sepertikepemimpinan, disiplinkerja, lingkungankerja, kompetensi dan lain-lain. Saran yang dapatdisampaikanadalahBudayaperusahaan yang dijalankansepatutnyamengarahlangsungkepadaintegritasdan dedikasikaryawanterhadapkontribusinyakepadakemajuanperusahaan,perusahaandapatmenerapkansistem reward and punishment, yaitumemberipenghargaan dan apresiasibagikaryawan yang mampumenyelesaikanpekerjaansebelumwaktu yang ditentukan, sebaliknyaapabilatidakterselesaikanmakakaryawan yang bersangkutanlayakdijatuhisanksitegasdaripimpinan.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved