HUBUNGAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJAPEGAWAI BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH KABUPATEN PESAWARAN


2020

RIZKI AGUNG NUGRAHA



 

Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kompetensi berhubungan terhadap kinerja pegawai Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Pesawaran. Sedangkan tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan kompetensi dengan pegawai Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Pesawaran terhadap 47 Responden.

Berdasarkan hasil uji hipotesis,  Kompetensi menunjukkan nilai thitung  =114,72. Bila disbanding dengan ttabel   pada taraf signifikan 0,05 yaitu 2,76 maka thitung = 114.72 > ttabel 2,76 sehingga disimpulkan hipotesa yang menyatakan terdapat  hubungan antara variable Kompetensi (X) terhadap  Kinerja (Y) pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Pesawaran. Jadi variable Kompetensi (X) berpengaruh terhadap variable Kinerja (Y) Diterima. Koefisien Determinasi R2 0,998 = 0,997 -0,997 x 100 = 99,7% . Dapat di simpulkan bahwa variable Kompetensi menjelaskan variasi perubahan terhadap  variable keinerja pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah  Kabupaten Pesawaran  sebesar

99,7%, sedangkan sisanya sebesar 0,03% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam dinamika kehidupan manusia, pegawai Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Pesawaran pada saat penelitian variable Kompetensi dan Kinerja kerja saling mempengaruhi hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 99,7% dan sisanya 0,03% dipenggaruhi oleh factor lain. Selanjutnya persamaan product moment antara variabel kompetensi terhadap kinerja adalah Y = 0,267 + 0,994x, yang artinya setiap kenaikan satu point daripada variabel Kompetensi akan diikuti oleh naiknya variabel Kinerja pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah  Kabupaten Pesawaran sebesar0,994 point.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved