PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN PRINGSEWU


2020

TRISNI MAIDA



 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah beban pekerjaan kurang sesuai dengan kompetensi , pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki pegawai yang tidak sesuai dengan kemampuan berdampak pada menurunnya kinerja pegawai. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kompetensi terhadap kinerja pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) pringsewu. 
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif . Metode pengumpulan data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder.  Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan quisioner. Populasi yang digunakan dalam  penelitian ini berjumlah 230 pegawai berstatus PNS, sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 23 pegawai RSUD Pringsewu.
Hasil pengujian hipotesis  pengaruh kompetensi terhadap kinerja pegawai  diperoeleh melalui perhitungan uji t. Nilai t hitung sebesar 4.006 dan t tabel pada n = 23 dan α=0,05 diperoleh t tabel = 1,69 dan tingkat signifikansi sebesar 0,00, dengan demikian t hitung > t tabel atau 5.022> 1,69   dan  nilai R square = 0,546 atau sebesar 54,6 1% sedangkan sisanya sebesar 45,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hal ini berarti kompetensi memiliki kontribusi dan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai RSUD Pringsewu


©2024 Repository Saburai. All rights reserved