ANALISIS STRATEGI EKSPANSI SALES TERRITORY MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN PERTUMBUHAN PENJUALAN STUDI KASUS PADA PT. KARYA ANUGERAH JAYA CABANG LAMPUNG


2020

ASTRI RATNA SARI



 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah wilayah penjualan (sales territory) yang di cover oleh tim salesman belum merata ke seluruh kabupaten atau kota yang ada di Provinsi Lampung, persebaran register outlet nya masih belum optimal di setiap distrik yang masuk dalam cakupan wilayah PJP salesman, kemudian persentase pertumbuhan penjualan yang fluktuatif pada setiap periode.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis strategi ekspansi teritory sales dalam meningkatkan pertumbuhan penjualan pada PT. Karya Anugerah Jaya Cabang Lampung.  Pengumpulan data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. 
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Strategi yang digunakan PT. Karya Anugerah Jaya dalam memasuki pasar di Lampung adalah melakukan pemetaan wilayah, perencanaan pengelolaan wilayah, dan melakukan monitoring target – pencapaian – evaluasi. Berdasarkan analisis SWOT dan Matriks SWOT menunjukkan bahwa PT.  Karya Anugerah Jaya memiliki kekuatan dan peluang yang lebih besar dibandingkan dengan  kelemahan dan ancaman artinya bahwa perusahaan dalam kondisi yang baik.  Kekuatan yang dimiliki oleh PT. Karya Anugerah Jaya terletak pada kekuatan dari segi keuangan, merk dagang yang telah dikenal, perusahaan memiliki pengalaman yang kuat di industri pewarna makanan, sumber daya manusia yang berkompeten. Oleh karena itu PT.Karya Anugerah Jaya Cabang Lampung memiliki peluang besar untuk terus melakukan ekspansi sales territory management khususnya wilayah yang belum tercover oleh tim salesman seperti Kabupaten Lampung Barat, Kabupaten Pesisr Barat, Kabupaten Way Kanan, Kabupaten Mesuji, Kabupaten Lampung Utara, dan Kabupaten Tulang Bawang Barat sehingga persentase pertumbuhan penjualan bisa lebih maksimal lagi.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved