PENGARUH PROMOSI JABATAN TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI DI KANTOR WILAYAH DIREKTORAT JENDERAL PAJAK BENGKULU DAN LAMPUNG


2020

KURNIA AMARTA YHUANSYAH



 

Promosi jabatan yang tepat dapat meningkatkan kepuasan seorang karyawan. Penelitian ini memiliki rumusan masalah apakah promosi jabatan berpengaruh terhadap kepuasan kerja pegawai di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Bengkulu dan lampung beralamat Jl. Pangeran Emir M. Noer, no.5A, Sumur Putri, Teluk Betung Utara, Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh promosi jabatan kerja terhadap kepuasan kerja pegawai di kantor tersebut. Penelitian ini menguji indikator promosi jabatan menurut (Siagian, 2008) dan indikator kepuasan kerja menurut (Luthans, 2008). Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah bahwa terdapat pengaruh promosi jabatan terhadap kepuasan kerja pegawai di kantor tersebut.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu data primer berupa hasil wawancara dengan beberapa responden dan data sekunder berupa studi dokumenter yang dilakukan di kantor tersebut. Responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh populasi pegawai yang berjumlah 56 orang. Untuk mengetahui kevalidan dan keabsahan kuesioner yang diberikan kepada responden, dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Dalam menguji tingkat hubungan antara variable promosi jabatan dan kepuasan kerja, metode yang digunakan untuk menganalisis pengaruh promosi jabatan kerja terhadap kepuasan kerja adalah analisis regresi linier sederhana dan uji t.

Hasil uji instrument penelitian menunjukkan bahwa kuesioner yang dibagikan kepada responden dinyatakan valid dan reliable dengan hasil r hitung semua item pernyataan X dan Y lebih besar dari r table yaitu 0,222 dan hasil r Alpha X dan Y lebih besar dari 0,60. Berdasarkan hasil uji regresi linier sederhana, diperoleh persamaan Y=13,086+0,508X+e. Maka hipotesis penelitian ini diterima, bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara promosi jabatan terhadap kepuasan kerja pegawai di kantor tersebut. Maka agar promosi jabatan kerja dan kepuasan kerja lebih baik, disarankan pimpinan dapat meningkatkan pengawasan dan konseling promosi jabatan untuk mencegah terjadinya penurunan kepuasan kerja dan kinerja.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved