PENGARUH FASILITAS KERJA TERHADAP DISIPLIN KERJA PEGAWAI PADA BAGIAN ADMINISTRASI RUMAH SAKIT URIP SUMOHARJO DI BANDAR LAMPUNG

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1). Terdapatnya beberapa pegawai yang tidak dapat menguasai pekerjaan dan Penggunaan peralatan kantor, 2). Masih dijumpai beberapa pegawai yang boros dalam pemakaian peralatan, fasilitas dan perlengkapan serta bahan-bahan kantor. 3). Masih adanya beberapa pegawai yang tidak masuk kerja maupun bolos dari kerja.

      Pengumpulan data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder.  Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan quisioner/ daftar pertanyaan. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari jumlah responden pegawai Bagian Administrasi RS. Urip Sumoharjo Bandar Lampung sebanyak 28 orang. Metode analisis yang digunakan adalah dengan metode regresi linier sederhana.

Berdasarkan analisa kuantitatif diperoleh Uji hipotesis parsial melalui uji t (test) diperoleh nilai thitung antara antara Fasilitas Kerja (X) dengan Variabel Disiplin Kerja(Y) sebesar = 9,395 dan thitung 9,395 > ttabel 1,701 sehingga dapat disimpulkan bahwa bahwa Lingkungan Kerja (X) memberikan kontribusi dalam meningkatkan Kinerja Pegawai (Y). Persamaan regresi adalah Y = 0,395 + 0,909X, yang artinya setiap kenaikan satu point dari variabel Fasilitas Kerja (X) akan diikuti oleh variabel Disiplin Kerja (Y) sebesar 0,909 point. Kontribusi (R Square ) sebesar 0.705 berarti Fasilitas Kerja berpengaruh terhadap Disiplin Kerja Pegawai sebesar 70,50 %, sedangkan sisanya  ditentukan oleh variabel lain.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved