PENGARUH INSENTIF TERHADAP PRODUKTIVITAS PEGAWAI DI KEGIATAN KETATALAKSANAAN DI KANTOR BALAI BESAR WILAYAH SUNGAI MESUJI SEKAMPUNG


2020

YANTI OCTALIA



 

Pemberian balas jasa atau insentif kepada pegawai merupakan satu cara mengoptimalkan produktivitas kerja pegawai agar di dalam diri mereka timbul motivasi untuk meningkatkan prestasi kerja sehingga produktivitas meningkat. Menurut Panggabean (2012:35), Insentif adalah imbalan langsung yang dibayarkan kepada karyawan karena prestasi melebihi standar yang ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Insentif dan produktivitas pegawai Kegiatan Ketatalaksanaan di kantor Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung di Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kuantitatif dengan menggunakan data cross section yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 50 orang responden yang terpilih sebagai sampel, melakukan observasi, maupun dokumen yang berhubungan dengan penelitian ini.

            Hasil dari penelitian bahwa nilai t hitung untuk variabel (X) sebesar 8,888 (Prob.sig. = 0,000) yang berarti t hitung > t tabel dengan tingkat signifikansi 95% (persen). Hal ini menunjukkan bahwa koefisien masing variabel bebas adalah penting secara statistik pengaruhnya terhadap variabel tak bebasnya atau dengan kata lain bahwa berpengaruh Signifikan. Kemudian koefisien determinasi X – Y (R2) memiliki nilai yang besar yaitu sebesar 0,622 berarti bahwa 62,2% (persen) dari variasi perubahan pengaruh Insentif dapat menjelaskan produktivitas. Sedangkan 37,8% (persen) sisanya adalah pengaruh dari variabel atau faktor-faktor lain di luar model. Maka dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Insentif memberikan pengaruh positif terhadap produktivitas pegawai Kegiatan Ketatalaksanaan di kantor Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung di Bandar Lampung.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved