HUBUNGAN KESEJAHTERAAN DENGAN DISIPLIN KARYAWAN KOPERASI KARYAWAN RUWA JURAI DI PTPN VII KEDATON BANDAR LAMPUNG


2020

AYU NURJANNAH



 

Kesejahteraan  para  karyawan  hendaknya  diperhatikan  oleh  organisasi baik berupa materil maupun inmaterial, karena tentunya dapat meningkatkan disiplin kerja karyawannya. Upaya yang dapat dilakukan oleh organisasi sebagai pendorong   peningkatan   disiplin   kerja   karyawan   salah   satunya   dengan memberikan kesejahteraan yang memadai. Kesejahteraan menurut Saydam (2012:234) yaitu bentuk dan jenis kesejahteraan yang diberikan kepada pegawai berupa gaji, upah, tunjangan, dan insentif atau bonus. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui  kesejahteraan  dan  disiplin  karyawan  Koperasi  Karyawan Ruwa Jurai di PTPN VII Kedaton Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kuantitatif dengan menggunakan data yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 35 orang responden yang terpilih   sebagai   sampel,   melakukan   observasi,   maupun   dokumen   yang berhubungan dengan penelitian ini.

Hasil dari penelitian bahwa hitung untuk variabel (X) sebesar 7,863 (Prob.sig. = 0,000) yang berarti t hitung   >   t tabel dengan tingkat signifikansi

95% (persen). Kemudian koefisien korelasi (R) memiliki nilai yang besar yaitu sebesar 0,807 yang berarti hubungannya kuat pada Kesejahteraan dengan Disiplin. Maka dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Kesejahteraan memiliki hubungan kuat dengan Disiplin karyawan Koperasi Karyawan Ruwa Jurai di PTPN VII Kedaton Bandar Lampung.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved