HUBUNGAN KEPEMIMPINAN DENGAN KINERJA PEGAWAI UPT (UNIT PELAKSANA TEKNIS) SMP NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG

 

 

Obyek penelitian ini adalah UPT (Unit Pelaksana Teknis) SMP Negeri 14 Bandar Lampung berlokasi di Jl. Teuku Cik Ditiro Beringin Jaya Kecamatan Kemiling Bandar Lampung. Kepemimpinan didefinisikan ke dalam ciri individual, kebiasaan, cara mempengaruhi orang lain, interaksi, kedudukan, dalam administrasi dan persepsi mengenai pengaruh yang sah. Menurut Robbins (2015:77), kepemimpinan merupakan kemampuan untuk  mempengaruhi  kelompok menuju tercapainya sasaran. Kepemimpinan sangat penting diterapkan guna kelancaran kinerja pegawai sehingga organisasi dapat berjalan dengan baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan dan kinerja pegawai di UPT SMP Negeri 14 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kuantitatif dengan menggunakan data yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 23 orang responden yang terpilih sebagai sampel, melakukan observasi, maupun dokumen yang berhubungan dengan penelitian ini.
 Hasil dari penelitian bahwa hitung untuk variabel (X) sebesar 2,546 (Prob.sig. = 0,001) yang berarti t hitung  >  t tabel dengan tingkat signifikansi 95% (persen). Kemudian koefisien korelasi (R) memiliki nilai yang besar yaitu sebesar 0,801 yang berarti hubungannya kuat pada Kepemimpinan dengan Kinerja. 
Maka dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Kepemimpinan memiliki hubungan kuat dengan Kinerja pegawai UPT SMP Negeri 14 Bandar Lampung.

 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved