ANALISIS MOTIVASI DENGAN KINERJA KARYAWAN PADA PT. GOLDEN SARI DI LAMPUNG


2020

URDYA SEJJIWANGGA ARDANGGO



 

Salah satu pendorong agar organisasi itu menghasilkan kinerja yang maksimal adalah motivasi dari pemimpin. Dalam hal ini, fungsi pemimpin sangatlah diperlukan karena pemimpin yang memiliki daya kemampuan mempengaruhi dan menggerakkan organisasi untuk bekerja mencapai tujuan
organisasi. Apabila pemimpin dapat memberikan motivasi yang benar kepada karyawannya berupa motivasi kerja maka karyawan dapat memenuhi kinerja yang diberikan oleh perusahaan, motivasi tersebut dapat berupa kompensasi. Menurut Maslow  (2013), motivasi diartikan sebagai kekuatan  (energi) seseorang yang dapat menimbulkan tingkat persistensi dan entuasiasmenya dalam melaksanakansuatu kegiatan, baik yang bersumber dari dalam diri individu itu sendiri (motivasi intrinsik) maupun dari luar individu (motivasi ekstrinsik). Penelitian ini bertujuanuntuk menganalisis Motivasi dengan Kinerja karyawan pada PT. Golden Sari di Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisiskuantitatif dengan menggunakan data cross section yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 50 orang responden yang terpilih sebagai sampel, melakukan observasi, maupun dokumen yang berhubungan dengan penelitian ini.

Hasil dari penelitian bahwa nilai t hitung untuk variabel (X) sebesar 8,674(Prob.sig. = 0,000) yang berarti t hitung > t tabel dengan tingkat signifikansi 95%(persen). Hal ini menunjukkan bahwa koefisien masing variabel bebas adalah penting secara statistik pengaruhnya terhadap variabel tak bebasnya atau dengankata lain bahwa berpengaruh Signifikan. Kemudian koefisien determinasi X – Y(R2) memiliki nilai yang besar yaitu sebesar 0.611 berarti bahwa 61,1% (persen) dari variasi perubahan kontribusi Motivasi dapat menjelaskan Kinerja.Sedangkan 38,9% (persen) sisanya adalah variabel atau faktor-faktor lain di luar model. Maka dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Motivasimemberikan kontribusi positif dengan Kinerja karyawan pada PT. Golden Sari diLampung.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved