PENGARUH DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA SATUAN KERJA BIRO PERENCANAAN UMUM DAN ANGGARAN POLDA LAMPUNG


2020

ANDRI HIDAYAT



 

Polda Lampung salah satu pelaksana tugas dan wewenang Polri di wilayah provinsi Lampung. Pada fungsi pembinaan satuan kerja yang paling vital dalam kelangsungan hidup organisasi Polda Lampung adalah pada Satker Biro Perencanaan Umum dan Anggaran yang selanjutnya disingkat menjadi Rorena. Berdasarkan Perpol 14 Th. 2018 tugas pokok Satuan kerja Biro Perencanaan Umum dan Anggaran Polda Lampung adalah menyusun rencana strategis, rencana program, rencana anggaran dan strategi manajemen keseluruhan Satker Polda Lampung dan Jajaran. Jumlah pegawai yang memiliki penilaian kinerja masih rendah dibuktikan dengan hasil penilaian kinerja tergolong pada klasifikasi C serta tingkat kedisiplinan yang masih rendah yang melebihi tingkat absensi kritis dalam setahun yaitu 4,19%.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja pegawai Satker Biro Perencanaan Umum dan Anggaran Polda Lampung. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan menggunakan skala pengukuran likert yang disebar kepada 30 orang responden. Teknik analisis data menggunakan metode statistik analisis regresi linier sederhana. Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan aplikasi komputer SPSS V27.

Hasil penelitian berdasarkan analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa variabel bebas disiplin kerja (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai (Y) pada Satker Biro Perencanaan Umum dan Anggaran Polda Lampung.

Implikasi hasil penelitian ini adalah memperbaiki perilaku kerja pegawai dengan pemberian reward terhadap pegawai yang memiliki tingkat kedisiplinan yang tinggi dan punishment terhadap pegawai yang memiliki tingkat kedisiplinan yang rendah. Selain hal tersebut juga perlu diberikan pelatihan kepada personel dengan mengikutsertakan pegawai dalam pelatihan pengembangan potensi diri berupa revolusi mental, Diklat dan berbagai pelatihan pengembangan potensi


©2024 Repository Saburai. All rights reserved