Permasalahan dalam penelitian ini ketidak puasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan petugas pelayanan akan berdampak pada ketidak percayaan masyarakat terhadap Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Way Kanan. Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh Layanan Administasi Kependudukan Terhadap Kepuasan Masyarakat di DinasKependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Way Kanan Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan quisioner. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 84 Penduduk Pemohon Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Kabupaten Way Kanan. Hasil pengujian hipotesis pengaruh layanan administrasi kependudukan terhadap kepuasan masyarakat dapat ditunjukkan dengan nilai R square = 0,522 atau sebesar 52,2% sedangkan sisanya sebesar 47,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Nilai t hitung sebesar 9.469 dan t tabel pada n = 84 dan α=0,05 diperoleh t tabel = 1,663 dan tingkat signifikansi sebesar 0,00, dengan demikian t hitung > t tabel atau 9.469 > 1,663 dan tingkat signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 maka Ha diterima. Hal ini berarti layanan administrasi kependudukan memiliki kontribusi dan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat diDinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Way Kanan
©2024 Repository Saburai. All rights reserved