ANALISIS RASIO EFISIENSI OPERASIONAL TERHADAP LABA BERSIH PERUSAHAAN PADA PABRIK BAKPAO MUNCUL JAYA DI BANDAR LAMPUNG


2020

KORNELIUS NICO PRADIPTA



 

Objek penelitian adalah Pabrik Bakpao Muncul Jaya di Bandar Lampung, Lampung yang berlokasi di Jalan Pangeran Antasari GG. 21. No. 46 di Bandar Lampung dan telah berupaya mengantisipasi permintaan dan lingkungan bisnisnya di waktu mendatang dengan cara menentukan kebijakan yang akan diambil dalam periode kedepannya dengan mellihat kondisi laporan keuangan pabrik  bakpao  Muncul  Jaya.  Identifikasi  masalah  penelitian  :  Laporan keuangan pabrik yang belum benar dan rapih. Perumusan masalah : Laporan keuanagn  yang baik  dan  benar  dan  untuk  mengetahui  efisiensi  oprasional pabrik untuk mendapatkan laba yang besar.

Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik kualitatif dengan melihat  laporan keuangan pabrik bakpao yang sudah. Rumus yang digunakan untuk  menghitung  efisiensi  oprasioanl  adalah  rumus  perputaran  persedian yaitu penjulan dibagi rata- rata persediaan. Dan untuk mengetahui laba kotor dengan rumus pendapatan dikurang Harga Pokok Penjualan ( HPP ), laba bersih dengan rumus yaitu laba kotor dikurang beban usaha. Untuk membantu pimpinan pabrik  bakpao membuat laporan yang dapat dicontoh pada periode yang akan datang,   agar dapat mengetahui efisiensi operasional untuk menghasilkan laba yang lebih  besar.

Masalah yang dihadapi adalah laporan keuangan pabrik bakpao Muncul jaya  masih buruk dan program perencanaan buat kedepannya tidak maksimal hal ini  dapat dilihat dari laporan keuangan pabrik bakpao Muncul jaya yang masih buruk   dan kurang optimal. Dari data dan pengelolaan data dapat diketahui laba kotor pabrik bakpao Muncul Jaya bulan Januari 19.317.000, bulan  Februari  17.517.000.  Laba  bersih  bulan  Januari  7.047.000,  bulan Februari 5.247.000. Perputaran persediaan operasional bulan januari adalah

2,6 dan bulan Februari adalah 2,4. Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu pabrik bakpao muncul jaya membuat laporan keuangan yang lebih baik dan benar agar dapat menjadi evaluasi pemimpinnya pabrik bakpao muncul jaya langkah apa yang akan diambil kedepannya.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved