PENGARUH FASILITAS KERJA TERHADAP EFISIENSI KERJA PEGAWAI DI DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA KABUPATEN PESISIR BARAT


2020

SAIPUL RADIAT



 

Agar SDM yang bekerja tetap dalam kondisi prima dan semangat, maka di setiap organisasi pemerintahan layaknya menyediakan  fasilitas kerja yang baik serta kondisi kerja yang nyaman. Dengan adanya pemanfaatan fasilitas kerja yang maksimal maka diharapkan akan merujuk kepada tingkat efisiensi kerja pegawai.
Fasilitas  Kerja  menurut  (Moenir,  2018:197)  merupakan  segala  sesuatu  yang ditempati  dan  diminati  oleh  pegawai,  baik  dalam  hubungan  langsung  dengan pekerjaan  maupun  untuk  kelancaran  pekerjaan.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk mengetahui Fasilitas kerja dan Efisiensi kerja pegawai yang ada di kantor Dinas Pengendalian  Penduduk  dan  Keluarga  Berencana  Kabupaten  Pesisir  Barat.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kuantitatif dengan  menggunakan  data  cross  section yang  diperoleh  dengan  menyebarkan kuesioner  kepada 40 orang responden yang terpilih sebagai sampel, melakukan observasi, maupun dokumen yang berhubungan dengan penelitian ini.
Hasil dari penelitian bahwa nilai t hitung untuk variabel (X) sebesar 8,067 (Prob.sig. = 0,000) yang berarti t hitung > t tabel dengan tingkat signifikansi 95% (persen).  Hal  ini  menunjukkan  bahwa  koefisien  masing  variabel  bebas  adalah penting secara statistik pengaruhnya terhadap variabel tak bebasnya atau dengan kata lain bahwa berpengaruh Signifikan. Kemudian koefisien determinasi X – Y(R2) memiliki nilai yang besar yaitu sebesar 0,631 berarti bahwa 63,1% (persen) dari  variasi  perubahan  pengaruh  Fasilitas kerja  dapat  menjelaskan  Efisiensi Kerja.  Sedangkan  36,9%  (persen)  sisanya  adalah  pengaruh  dari  variabel  atau faktor-faktor  lain  di luar  model.  Maka  dari  hasil  penelitian  tersebut  dapat disimpulkan  bahwa  Fasilitas  kerja memberikan  pengaruh  positif  terhadap Efisiensi  kerja pegawai  kantor  Dinas  Pengendalian  Penduduk  dan  Keluarga Berencana Kabupaten Pesisir Barat.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved