HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PEMBUATAN PASPOR PADA KANTOR IMIGRASI KELAS III KALIANDA DI LAMPUNG SELATAN


2020

MUHAMMAD IMAM MARUF



 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kualitas pelayanan berhubungan dengan kepuasan masyarakat dalam pembuatan paspor pada Kantor Imigrasi Kelas III Kalianda di Lampung Selatan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan masyarakat dalam pembuatan paspor pada Kantor Imigrasi Kelas III Kalianda di Lampung Selatan. Hipotesis penelitian yang diajukan adalah Kualitas pelayanan berhubungan dengan  kepuasan  masyarakat  dalam  pembuatan  paspor  pada  Kantor  Imigrasi Kelas III Kalianda di Lampung Selatan. Sampel yang dapat dijadikan responden sebesar  93  responden.  Berdasarkan  hasil  analisis,  maka  dapat  disimpulkan kualitas pelayanan berhubungan dengan kepuasan masyarakat dalam pembuatan paspor pada Kantor Imigrasi  Kelas III Kalianda di  Lampung Selatan, dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima.

Saran yang dapat diajukan terkait hasil penelitian adalah  Petugas pada Kantor Imigrasi Kelas III Kalianda di Lampung Selatan hendaknya lebih giat dan rajin  bekerja,  tidak  meninggalkan  pekerjaan  yang  telah  diamanatkan  oleh pimpinan  kepadanya  serta  mengoptimalkan  kembali  pelayanan  kepada masyarakat, sehingga setiap keluhan yang diajukan oleh masyarakat akan dapat terselesaikan dan terpecahkan.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved