Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kualitas pelayanan berhubungan dengan kepuasan masyarakat dalam pembuatan paspor pada Kantor Imigrasi Kelas III Kalianda di Lampung Selatan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan masyarakat dalam pembuatan paspor pada Kantor Imigrasi Kelas III Kalianda di Lampung Selatan. Hipotesis penelitian yang diajukan adalah “Kualitas pelayanan berhubungan dengan kepuasan masyarakat dalam pembuatan paspor pada Kantor Imigrasi Kelas III Kalianda di Lampung Selatan”. Sampel yang dapat dijadikan responden sebesar 93 responden. Berdasarkan hasil analisis, maka dapat disimpulkan kualitas pelayanan berhubungan dengan kepuasan masyarakat dalam pembuatan paspor pada Kantor Imigrasi Kelas III Kalianda di Lampung Selatan, dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima.
Saran yang dapat diajukan terkait hasil penelitian adalah Petugas pada Kantor Imigrasi Kelas III Kalianda di Lampung Selatan hendaknya lebih giat dan rajin bekerja, tidak meninggalkan pekerjaan yang telah diamanatkan oleh pimpinan kepadanya serta mengoptimalkan kembali pelayanan kepada masyarakat, sehingga setiap keluhan yang diajukan oleh masyarakat akan dapat terselesaikan dan terpecahkan.
©2024 Repository Saburai. All rights reserved