ANALISIS SARANA DAN PRASARANA TERHADAP KEPUASANKERJA PEGAWAI PADA KANTOR DINAS PEMUDA DAN OLAHRAGAKABUPATEN PESISIR BARAT


2020

DARLINA YULIANTI



Organisasi merupakan sebuah sistem dan kegiatan manusia yang bekerja sama untuk mencapai beberapa tujuan umum melalui pembagian pekerjaan dan fungsi melalui tanggung jawab. Administrasi sarana dan prasarana pada Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pesisir Barat merupakan hal yang sangat menunjang atas tercapainya suatu tujuan dari tercapainya proses kegiatan instansi, sebagai seorang pegawai kita dituntut untuk menguasi dan memahami administrasi sarana dan prasarana, untuk meningkatkan daya kerja yang efektif dan efisien serta mampu menghargai etika kerja sesama pegawai, sehingga akan tercipta keserasian, kenyamanan yang dapat menimbulkan kebanggaan dan rasa memiliki baik semua perlengkapan di kantor. Dalam hal kepuasan kerja di Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pesisir Barat pegawai kurang puas terhadap apa yang di capai dari target kegiatan yang di rencanakan antara lain, kebosanan atas rutinitas yang dialami dalam kegiatan tersebut karena kelelahan dan kurangnya komunikasi antara rekan kerja baik yang terstruktur maupun tidak terstruktur dalam hubungan koordinasi yang telah ditetapkan dalam pencapaian target kegiatan tersebut.

Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui berapa besar pengaruh sarana dan prasarana terhadap kepuasan kerja pegawai pada Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pesisir Barat. Jenis Penelitian Deskriptif, Penelitian ini menggunakan 42 responden penelitian. Ada dua variabel dalam penelitian ini yaitu: variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y), dimana Sarana dan Prasarana (X) dan Kepuasan Kerja Pegawai (Y).

Dari hasil pengolahan data telah berhasil ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh Sarana dan Prasarana (X) terhadap Kepuasan Kerja Pegawai (Y) sebesar 95,9%, tingkat pengaruh sebesar 95,9% yang berarti bahwa Sarana dan Prasarana dan Kepuasan Kerja Pegawai memberikan pengaruh dan sisanya dipengaruhi variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved