ANALISIS KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN PESISIR BARAT


2020

TAUPAN MARTHA



Kepemimpinan didalam sebuah organisasi dituntut untuk bisa membuat individu-individu dalam organisasi yang dipimpinnya bisa berperilaku sesuai dengan yang diinginkan oleh pemimpin untuk mencapai tujuan organisasi. Faktor selanjutnya yang mempengaruhi kepemimpinan pada Kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pesisir Barat adalah kinerja pegawai. Pada setiap orang yang bekerja atau dalam suatu kelompok kerja, kinerja selalu diharapkan bisa senantiasa baik kualitas dan kuantitasnya. Untuk mendapatkan hasil itu sendiri haruslah didukung dengan penetapan tujuan dan diawali dengan perencanaan kerja yang rasional.

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar pengaruh Kepemimpinan terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pesisir Barat. Penelitian yang akan dilaksanakan jenis Penelitian Deskriptif, Jenis penelitian ini adalah penelitian yang bermaksud membuat pemaparan secara sistimatis, faktual, dan akurat mengenai fakta – fakta dan sifat – sifat populasi tertentu. Penelitian ini menggunakan 23 responden penelitian. Ada dua variabel dalam penelitian ini yaitu: variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y), dimana Kepemimpinan (X) dan Kinerja (Y).

Dari hasil pengolahan data telah berhasil ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh Kepemimpinan (X) terhadap Kinerja Pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh (R-square) sebesar 61,07% yang berarti Kepemimpinan memberikan pengaruh sebesar 61,07% terhadap Kinerja Pegawai. Dari persamaan regresi Y = 15,514 + 0,624 X dan ini sesuai dengan hasil persamaan regresi bila Kepemimpinan di tingkat satuan maka akan menghasilkan Kinerja Pegawai sebesar 0,624 satuan.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved