ANALISIS KEPEMIMPINAN TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI PADA KANTOR DINAS PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN PESISIR BARAT

 

Organisasi merupakan sebuah sistem dan kegiatan manusia yang bekerja sama untuk mencapai beberapa tujuan umum melalui pembagian pekerjaan dan fungsi melalui tanggung jawab. Keberhasilan dalam suatu organisasi ditentukan oleh kepemimpinan dan peranan dari pegawai agar pegawai dapat bekerja dengan baik dan mencapai kinerja yang diharapkan. Peranan pemimpin dalam memimpin dan kepuasan bawahannya sangat menentukan, karena pegawai merupakan aset organisasi yang dinamis dan selalu berkembang. Dalam hal kepuasan kerja di Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pesisir Barat pegawai kurang puas terhadap apa yang di capai dari target kegiatan yang di rencanakan antara lain, kebosanan atas rutinitas yang dialami dalam kegiatan tersebut karena kelelahan dan kurangnya komunikasi antara rekan kerja baik yang terstruktur maupun tidak terstruktur dalam hubungan koordinasi yang telah ditetapkan dalam pencapaian target kegiatan tersebut.

Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan terhadap kepuasan kerja pegawai pada Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pesisir Barat. Penelitian yang akan dilaksanakan jenis Penelitian Deskriptif, Jenis penelitian ini adalah penelitian yang bermaksud membuat pemaparan secara sistimatis, faktual, dan akurat mengenai fakta – fakta dan sifat – sifat populasi tertentu. Penelitian ini menggunakan 35 responden penelitian. Ada dua variabel dalam penelitian ini yaitu: variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y), dimana Kepemimpinan (X) dan Kepuasan Kerja Pegawai (Y).

Dari hasil pengolahan data telah berhasil ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh Kepemimpinan (X) terhadap Kepuasan Kerja Pegawai (Y) sebesar 45,9%. Terdapat pengaruh antara Kepemimpinan (X), Kepuasan Kerja Pegawai (Y) dengan, dengan tingkat pengaruh sebesar 45,9% yang berarti bahwa Kepemimpinan dan Kepuasan Kerja Pegawai memberikan pengaruh dan sisanya dipengaruhi variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini.

 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved