PENGARUH INSENTIF TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI PADA KANTOR KEMENTERIAN PU BALAI BESAR WILAYAH SUNGAI MESUJI SEKAMPUNG


2020

SEPTA IRAWAN



 

Insentif pada umumya digunakan untuk menggambarkan rencana-rencana pembayaran upah yang dikaitkan secara langsung atau tidak langsung dengan berbagai standar kinerja pegawai. Kantor Kementerian PU Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung dalam memberikan motivasi kepada pegawainya untuk meningkatkan kepuasan kerja melakukan pembagian insentif dengan tolok ukur kepada kinerja pegawai dan jenjang karir pegawai. Namun demikian, dalam upaya menciptakan kepuasan kerja, nampaknya masih terdapat kendala yang dihadapi oleh Kantor Kementerian PU Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung sehingga menghambat tujuan organisasi.

Metode yang penulis gunakan menggunakan data primer dan data sekunder. Penelitian yang akan dilaksanakan jenis Penelitian Deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian yang bermaksud membuat pemaparan secara sistimatis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat populasi tertentu. Penelitian ini menggunakan 30 responden penelitian. Ada dua variabel dalam penelitian ini yaitu : Variabel bebas (X) dan variabel terikat dimana Insentif (X), sebagai variabel bebas dan Kepuasan Kerja (Y) sebagai variabel terikat.

Dari hasil pengolahan data telah berhasil ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh Insentif (X) terhadap Kepuasan Kerja (Y), dengan tingkat pengaruh (R-square) sebesar 69,4% yang berarti Insentif memberikan pengaruh sebesar 69,4% terhadap Kepuasan Kerja. Dari persamaan regresi Y = 6,017 + 0.799X dan ini sesuai dengan hasil persamaan regresi bila Insentif di tingkat satuan maka akan menghasilkan Kepuasan Kerja sebesar 0,624 satuan. 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved