HUBUNGAN KESEJAHTERAAN DENGAN KINERJA KARYAWAN PADA POLYTRON SERVICE CENTER LAMPUNG


2020

RIDHO RAHMAN HIDAYAT



 

Program kesejahteraan karyawan sangat penting untuk perusahaan, karena dengan adanya program kesejahteraan ini maka secara langsung akan mempertahankan  kelangsungan para karyawan dalam bekerja  dalam perusahaan tersebut.      Program   kesejahteraan   yang   diberikan   perusahaan   kepada   para karyawan   dapat   berupa   tunjangan-tunjangan   dan   fasilitas   serta  pelayanan. Menurut   Hasibuan   (2016:23),   Kesejahteraan    adalah   balas  jasa   pelengkap (material dan non material) yang diberikan berdasarkan kebijaksanaan. Tujuannya untuk mempertahankan  dan memperbaiki kondisi fisik dan mental karyawan agar kinerjanya  meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  Kesejahteraan dan Kinerja  karyawan  yang ada di Polytron  Service Center Lampung. Metode yang digunakan  dalam penelitian  ini adalah  metode  analisis kuantitatif dengan menggunakan  data cross section yang diperoleh  dengan menyebarkan  kuesioner kepada  30 orang responden yang terpilih  sebagai sampel, melakukan  observasi, maupun dokumen yang berhubungan dengan penelitian ini.

Hasil dari penelitian bahwa nilai t hitung untuk variabel (X) sebesar 5,519 (Prob.sig.  = 0,000) yang berarti t hitung > t tabel dengan tingkat signifikansi 95% (persen).  Hal  ini menunjukkan  bahwa  koefisien  masing  variabel  bebas  adalah penting secara statistik pengaruhnya terhadap variabel tak bebasnya atau dengan kata lain bahwa berpengaruh  Signifikan.  Kemudian koefisien determinasi XY (R)  memiliki nilai yang besar yaitu sebesar 0,521  berarti bahwa 52,1% (persen)

dari variasi perubahan pengaruh Kesejahteraan  dapat menjelaskan Kinerja. Sedangkan  47.9%  (persen)  sisanya  adalah  pengaruh  dari  variabel  atau  faktorfaktor lain di luar model. Maka dari hasil penelitian  tersebut dapat disimpulkan bahwa Kesejahteraan  memberikan pengaruh positif terhadap Kinerja  karyawan Polytron Service Center Lampung


©2024 Repository Saburai. All rights reserved