Program kesejahteraan karyawan sangat penting untuk perusahaan, karena dengan adanya program kesejahteraan ini maka secara langsung akan mempertahankan kelangsungan para karyawan dalam bekerja dalam perusahaan tersebut. Program kesejahteraan yang diberikan perusahaan kepada para karyawan dapat berupa tunjangan-tunjangan dan fasilitas serta pelayanan. Menurut Hasibuan (2016:23), Kesejahteraan adalah balas jasa pelengkap (material dan non material) yang diberikan berdasarkan kebijaksanaan. Tujuannya untuk mempertahankan dan memperbaiki kondisi fisik dan mental karyawan agar kinerjanya meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kesejahteraan dan Kinerja karyawan yang ada di Polytron Service Center Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kuantitatif dengan menggunakan data cross section yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 30 orang responden yang terpilih sebagai sampel, melakukan observasi, maupun dokumen yang berhubungan dengan penelitian ini.
Hasil dari penelitian bahwa nilai t hitung untuk variabel (X) sebesar 5,519 (Prob.sig. = 0,000) yang berarti t hitung > t tabel dengan tingkat signifikansi 95% (persen). Hal ini menunjukkan bahwa koefisien masing variabel bebas adalah penting secara statistik pengaruhnya terhadap variabel tak bebasnya atau dengan kata lain bahwa berpengaruh Signifikan. Kemudian koefisien determinasi XY (R) memiliki nilai yang besar yaitu sebesar 0,521 berarti bahwa 52,1% (persen)
dari variasi perubahan pengaruh Kesejahteraan dapat menjelaskan Kinerja. Sedangkan 47.9% (persen) sisanya adalah pengaruh dari variabel atau faktor• faktor lain di luar model. Maka dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Kesejahteraan memberikan pengaruh positif terhadap Kinerja karyawan Polytron Service Center Lampung.
©2024 Repository Saburai. All rights reserved