ANALISIS PROMOSI KREDIT PRODUKTIF DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DI PT. BANK LAMPUNG KANTOR CABANG UTAMA

 

Objek penelitian adalah PT. Bank Lampung (Kantor Cabang Utama), yang berada di Jl. Wolter Mongonsidi, No.182, Teluk Betung Utara, Bandar Lampung, dan telah melakukan promosi dalam memperkenalkan produk-produk atau jasa keuangan yang ditawarkan kepada masyarakat, terutama produk kredit produktif, dengan harapan akan berdampak pada peningkatan jumlah nasabah.
Masalah yang dihadapi adalah promosi produk kredit produktif masih dapat dikatakan kurang maksimal, sehingga berdampak sulitnya menarik masyarakat untuk menjadi nasabah di PT Bank Lampung, dan terdapat ketidakstabilan kenaikan jumlah nasabah baru pada pembiayaan kredit produktif, serta terjadi stagnansi bahkan penurunan dalam peningkatan jumlah nasabah baru.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh promosi kredit produktif yang dilakukan terkait penjualan produk pembiayaan (kredit produktif) di PT. Bank Lampung (Kantor Cabang Utama), terhadap meningkatkan jumlah nasabah. Hipotesis yang diajukan adalah: “Terdapat pengaruh promosi kredit produktif terhadap peningkatan jumlah nasabah di PT. Bank Lampung (Kantor Cabang Utama).”
Pengumpulan data dilakukan dengan tekhnik kuesioner dengan jumlah responden berjumlah 36 orang, selanjutnya data dianalisis menggunakan uji
regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis, maka dapat disimpulkan sebagai berikut : Hasil uji regresi linier sederhana menyatakan terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel promosi (X) terhadap variabel nasabah (Y), diketahui nilai t hitung sebesar 3,090 dan nilai t tabel sebesar 1,691, yang artinya nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel, atau dengan kata lain nilai thitung 3,090 > ttabel 1,691. Kemudian didapat nilai korelasi atau hubungan (R) yaitu sebesar 0,468, dan diperoleh nilai koefisien determinasi (R square) sebesar 0,219, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (promosi) terhadap variabel terikat (nasabah) adalah sebesar 21,9%. Berdasarkan nilai uji t tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan mengenai pengaruh promosi terhadap peningkatan jumlah nasabah di PT. Bank Lampung (KantorCabang Utama) dapat diterima.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved