ANALISIS PENGAWASAN MELEKAT TERHADAP DISIPLIN KERJA PEGAWAI PADA KANTOR KECAMATAN SUKOHARJO KABUPATEN PRINGSEWU


2020

RUSHELTA DESTANTYA MERITA R



 

Obyek pada penelitian ini adalah permasalahan pengawasan melekat dan disiplin kerja pegawai  pada kantor Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu. Pengawasan melekat yang dijalankan masih belum berjalan sebagaimana mestinya, hal ini terlihat dari kondisi disiplin kerja pegawai, yaitu kehadiran pegawai yang kurang dari target yang dicanangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pengawasan melekat terhadap disiplin kerja. Hipotesis yang diajukan adalah ada pengaruh pengawasan melekat terhadap disiplin kerja karyawan.

Sampel yang digunakan sebanyak 20 pegawai.  Pengolahan data primer dengan pendekatan metode analisis kuantitatif dibantu alat statistik aplikasi program SPSS versi 21.0. untuk perhitungan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linier sederhana dan uji koefisien determinasi.

Hasil perhitungan menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis nilai t hitung sebesar 3,978 > t tabel sebesar 1,725, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pengawasan melekat berpengaruh positif  terhadap disiplin kerja. Dengan demikian hipotesis yang diajukan pada penelitian ini dapat terbukti, dengan besaran pengaruh variabel pengawasan melekat terhadap disiplin kerja  berdasarkan uji determinasi (R2) adalah 0,442 artinya sebesar 44,2% variabel pengawasan melekat mampu menjelaskan variabel disiplin kerja, sedangkan sisanya sebesar 55,8% merupakan pengaruh variabel lain di luar penelitian ini.  Saran yang dapat disampaikan adalah kepada Camat Sukoharjo Kabupaten Pringsewu agar dapat menginstruksikan jajarannya untuk pelaksanaan sistem  pengawasan melekat lebih ditingkatkan lagi. Kepada pegawai agar dapat lebih meningkatkan disiplin kerjanya, terutama dalam hal pemanfaatan jam kerja


©2024 Repository Saburai. All rights reserved