STRATEGI PEMASARAN KREDIT PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO), Tbk CABANG TELUK BETUNG UNIT PADANG CERMIN


2020

MARYANSYAH FITRANOVA



 

Strategi pemasaran adalah serangkaian tujuan untuk mencapai sasaran, kebijakan dan aturan yang memberi arah kepada usaha-usaha pemasaran perusahaan dari waktu ke waktu, pada masing-masing tingkatan acuan serta alokasinya terutama sebagai tanggapan perusahaan dalam menghadapi lingkungan dan keadaan dalam persaingan yang selalu berubah. Strategi pemasaran tertuang dalam empat posisi marketing mix,yaitu strategi harga (price) strategi promosi (promotion), strategi tempat (place) dan strategi produk (product). Produk kredit merupakan produk unggulan yang dimiliki oleh Bank Rakyat Indonesia, pinjaman dana ini pun memberikan kesempatan kepada nasabahnya untuk mendapatkan meningkatkan usahanya dengan bantuan modal dari Bank Rakyat Indosesia dengan fasilitas plafon KUR Bank BRI mulai dari 1 juta sampai dengan 25 juta dan plafon untuk KUPEDES Bank BRI mulai dari 1 Juta sampai dengan 250 Juta. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi pemasaran menarik minat nasabah pada produk kredit PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Teluk Betung Unit Padang Cermin dengan sifat penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan langsung dengan kepala Unit, materi, coustumer service, dan dengan masyarakat. Dari data tersebut penelitian dianalisa secara kualitatif dengan berfikir induktif.

Berdasarkan data dan hasil penelitian yang dilakukan tentang bagaimana strategi yang digunakan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Teluk Betung Unit Padang Cermin dalam menarik minat nasabah pada produk KUR Bank BRI dan KUPEDES Bank BRI, strategi pemasaran yang dilakukan adalah dengan menggunakan bauran pemasaran, melakukan proses segmenting pasar, dan melakukan proses targeting operasional bank. Selain itu, juga dilakukan strategi khusus dengan melakukan hubungan dengan masyarakat, nasabah lama, kunjungan ke masyarakat dan memberikan brosur tabel produk kredit baik produk KUR Bank BRI maupun Pruduk KUPEDES Bank BRI serta memberikan hadiah –hadiah berupa kendaraan roda empat, kendaraan roda dua, dan hadiah lainnya dari undian Simpedes.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved