PENGARUH LINGKUNGAN KERJA FISIK TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA KEDATON


2020

BRIAN ARIESTA



Kondisi lingkungan kerja harus benar-benar di perhatikan dan diatur sedemikian rupa sehingga dapat menciptakan suasana yang menyenangkan yang selanjutnya dapat mendorong semangat kerja dalam melaksanakan pekerjaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, bagaimana pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kedaton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh lingkungan kerja fisik terhadap kinerja pegawai di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kedaton.

Indikator yang digunakan untuk menguji hubungan antar variabel dalam penelitian ini adalah indikator lingkungan kerja fisik menurut Soedarmayanti (2009), dan indikator kinerja menurut John Minner. Hipotesis yang ditetapkan adalah bahwa ada pengaruh lingkungan kerja fisik terhadap kinerja pegawai Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kedaton.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Objek yang diteliti merupakan Pegawai Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kedaton yang berjumlah 36 orang. Peneliti mengambil seluruh populasi sebagai sampel. Penelitian dilakukan di KPP Pratama Kedaton yang beralamat di Jalan Dokter Susilo no. 41 Sumur Batu, Kecamatan Teluk Betung Utara, Kota Bandar Lampung. Untuk menguji item-item pernyataan dalam kuesioner digunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Berdasarkan hasil uji validitas varibel X dan Y memiliki nilai r hitung yang lebih besar dari r tabel 0,279, berdasarkan hasil uji reliabilitas r alpha variabel X dan Y adalah 0,876 dan 0,943 lebih besar dari 0,60. Maka item-item pernyataan tersebut valid dan reliabel serta dapat digunakan dalam penelitian.

Metode yang digunakan untuk menganalisis pengaruh lingkungan kerja fisik terhadap kinerja adalah analisis regresi linier sederhana, koefisien korelasi dan determinasi, serta uji t. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa lingkungan kerja fisik berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kedaton. Agar lingkungan kerja fisik dan kinerja lebih baik, disarankan Pimpinan dapat meningkatkan pengawasan lingkungan kerja untuk mencegah terjadinya penurunan kinerja.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved