PENGARUH DISIPLIN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI PADA KEGIATAN PELAKSANAAN BENDUNGAN WAY SEKAMPUNG KANTOR BALAI BESAR WILAYAH SUNGAI MESUJI SEKAMPUNG DI BANDAR LAMPUNG


2020

BUDIANTO SAPUTRA



Demi tercapainya tujuan organisasi, pegawai memerlukan kedisiplinan untuk lebih giat dalam bekerja sehingga hasil pekerjaan menjadi lebih baik dan lebih tepat waktu. Fenomena yang terjadi pada Kegiatan Pelaksanaan Bendungan Way Sekampung Kantor Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung di Bandar Lampung adanya beberapa pegawai yang terlambat hadir menunjukkan bahwa disiplin kerja pegawai terhadap instansi menurun dilihat dari daftar absensi pegawai di Kegiatan Pelaksanaan Bendungan Way Sekampung Kantor Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung di Bandar Lampung. Dalam hal kepuasan kerja di Kegiatan Pelaksanaan Bendungan Way Sekampung Kantor Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung di Bandar Lampung pegawai kurang puas terhadap apa yang di capai dari target kegiatan yang di rencanakan antara lain, kebosanan atas rutinitas yang dialami dalam kegiatan tersebut karena kelelahan dan kurangnya komunikasi antara rekan kerja baik yang terstruktur maupun tidak terstruktur dalam hubungan koordinasi yang telah ditetapkan dalam pencapaian target kegiatan tersebut.

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin terhadap kepuasan kerja pegawai pada Kegiatan Pelaksanaan Bendungan Way Sekampung Kantor Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung di Bandar Lampung.

Metode yang penulis gunakan menggunakan data primer dan data sekunder. Penelitian yang akan dilaksanakan jenis Penelitian Deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian yang bermaksud membuat pemaparan secara sistimatis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat populasi tertentu. Penelitian ini menggunakan 30 responden penelitian. Ada dua variabel dalam penelitian ini yaitu : Variabel bebas (X) dan variabel terikat dimana Disiplin Kerja (X), sebagai variabel bebas dan Kepuasan Kerja (Y) sebagai variabel terikat.

Dari hasil pengolahan data telah berhasil ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh Disiplin Kerja (X) terhadap Kepuasan Kerja (Y), dengan tingkat pengaruh (R-square) sebesar 69,4% yang berarti Disiplin Kerja memberikan pengaruh sebesar 69,4% terhadap Kepuasan Kerja. Dari persamaan regresi Y = 6,017 + 0.799X dan ini sesuai dengan hasil persamaan regresi bila Disiplin Kerja di tingkat satuan maka akan menghasilkan Kepuasan Kerja sebesar 0,624 satuan.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved