PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR CAMAT BUKIT KEMUNING KABUPATEN LAMPUNG UTARA


2019

Wasila Turahmah



ABSTRAK

 

PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR CAMAT BUKIT KEMUNING KABUPATEN LAMPUNG UTARA

 

 

 

 

Oleh

 

WASILA TURAHMAH

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Dengan bergantinya pimpinan maka akan berganti pula gaya kepemimpinannya.Menurunnya kinerja pegawai akibat masih banyak pegawai yang datang terlambat.

 Pengumpulan data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder.  Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancaraa, dokumentasi dan quisioner/ daftar pertanyaan. Teknik sampel akan ditentukan  dari jumlah responden sebanyak 29 orang responden Pegawai  Kantor Camat Bukit Kemuning Kabupaten Lampung Utara.

Berdasarkan analisa kuantitatif diperoleh dari hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS 20  diperoleh bahwa pengaruh Kepemimpinan (X) terhadap Kinerja (Y) secara parsial menunjukan bahwa  Nilai t hitung variabel kepemimpinan  yaitu  1.802 dan t tabel  1.701 karena t hitung > t tabel maka Ha diterima artinya kepemimpinan  berpengaruh positif  terhadap kinerja pegawai pada Kantor Camat Bukit Kemuning Kabupaten Lampung Utara. Kontribusi (R Square ) sebesar 0.107 artinya sebesar 10,70 % variasi perubahan variabel kepemimpinan sedangkan sisanya dijelaskan  oleh variabel lain diluar dari variabel penelitian ini. Persamaan regresi antara Kepemimpinan dengan Kinerja Kantor Camat Bukit Kemuning Kabupaten Lampung Utara  adalah sebesar  Y = 2,355 + 0,343X, yang artinya setiap kenaikan satu point dari variabel Kepemimpinan akan diikuti oleh variabel Kinerja Pegawai sebesar 0,343 point. Hal ini menunjukkan bahwa Kepemimpinan berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai.

 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved