HUBUNGAN PELATIHAN DENGAN KINERJA PEGAWAI BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH (BPBD) KOTA BANDAR LAMPUNG


2020

JA'A TAUFIKUL HULAMI



Permasalahan dalam penelitian ini berupa pegawai  tidak tanggap terhadap keluhan dan aduan masyarakat mengenai bencana hal ini disebabkan karena kemampuan dan keterampilan pegawai kurang optimal sehingga menganggu pencapaian kinerja organisasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui untuk mengetahui hubungan pelatihan dengan kinerja pegawai  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bandar Lampung.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif . Metode pengumpulan data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder.  Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan quisioner. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 47 pegawai   Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bandar Lampung

Hasil pengujian hipotesis hubungan pelatihan dengan kinerja menunjukan bahwa  nilai  hubungan  antara  pelatihan  dengan  kinerja  pegawai  BPBD  Kota Bandar Lampung sebesar 0,839.  Artinya ada hubungan pelatihan dengan kinerja. Kemudian nilai keeratan hubungan pelatihan dan kinerja sebesar 0.839 berada dalam kategori  sangat kuat  dengan interval 0.81 – 1.00. kemudian Nilai t hitung variabel pelatihan   10.323  dan t tabel dengan sampel 47 dan taraf signifikan 0,05 diperoleh 1,678   karena t hitung  > t tabel    atau 10.323 > 1.678 maka Ha diterima. Artinya ada hubungan pelatihan dengan kinerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bandar Lampung.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved