PENGARUH PELATIHAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN PRINGSEWU

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kinerja pegawai kurang optimal disebabkan kemampuan dan beban kerja pegawai yang tidak sesuai. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pelatihan terhadap kinerja pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) pringsewu.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif . Metode pengumpulan data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder.  Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan quisioner. Populasi yang digunakan dalam penelitian  ini  berjumlah  233  pegawai  berstatus  PNS,  sampel  yang  digunakan dalam penelitian ini sebanyak 23 pegawai RSUD Pringsewu.

Hasil    pengujian    hipotesis    pengaruh    pelatihan    terhadap    kinerjamenunjukan bahwa Nilai t hitung sebesar 10.527 dan t tabel pada n = 23 dan α=0,05 diperoleh t tabel  = 1,691 dan tingkat signifikansi sebesar 0,00, dengan demikian t hitung > t tabel atau 10.527 > 1,660 dan tingkat signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti pelatihan   memiliki kontribusi dan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai RSUD   Pringsewu. Nilai R square = 0,841catau sebesar 84,1% sedangkan sisanya sebesar 15,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved