PENGARUH RASIO PROFITABILITAS TERHADAP HARGA SAHAM PADA PT. UNILEVER INDONESIA, TBK DI BANDAR LAMPUNG PERIODE 2012 - 2019


2020

RIZKI AMELIA



Dalam melakukan investasi, investor terlebih dahulu mencari informasi tentang perusahaan tesrebut. Salah satunya adalah mencari informasi tentang kinerja keuangan perusahaan dan variabel apa saja yang dapat mempengaruhi terjadinya fluktuasi harga saham. Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah nilai rasio profitabilitas memiliki dampak tehadap harga saham. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh signifikansi rasio profitabilitas dilihiat dari Return On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE)  terhadap harga saham pada PT. Unilever Indonesia, Tbk Periode 2012-2019. Return On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE) merupakan jenis rasio yang terdapat pada Rasio Profitabilitas. ROA dan ROE merupakan rasio yang menunjukkan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan dan merupakan  salah satu cara untuk mengetahui performa perusahaan.

Adapun metode pengumpulan data penilitian ini adalah data sekunder. Teknik pengumpulan penelitian ini adalah Studi Kepustakaan dan Studi Dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan regresi linear berganda. Selanjutnya pengujian hipotesis menggunakan uji t, uji F dan koefesien determinasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan Return On Asset dan Return On Equity secara simultas berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Secara parsial Return On Asset menunjukan pengaruh PSITIF terhadap harga saham sedangkan Return On Equity tidak berpengaruh terhadap harga saham. Penelitian ini memperoleh nilai R square sebesar 0,706 yang berarti bahwa variabel Return On Asset dan Return On Equity mempengaruhi variabel harga saham sebesar 70,6%.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved