PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PAJAK (PENDAFTARAN NOMOR POKOK WAJIB PAJAK) TERHADAP KEPUASAN WAJIB PAJAK PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA TELUK BETUNG


2020

RYDKY JULIAN



Pelayanan selalu berkaitan dengan kepuasan pelanggan. Salah satu indikator kepuasan adalah perasaan puas atas perhatian dan pelayanan yang diberikan oleh petugas dalam suatu instansi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah kualitas pelayanan pajak (pendaftaran nomor wajib pajak) berpengaruh terhadap kepuasan wajib pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Teluk Betung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan wajib pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Teluk Betung.

Indikator yang diuji untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan wajib pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Teluk Betung adalah indikator kualitas pelayanan menurut Hardiansyah (2011) dan indikator kepuasan masyarakat menurut Hardiyati (2010). Hipotesis dalam penelitian ini adalah bahwa ada pengaruh kualitas pelayanan pajak (pendaftaran nomor wajib pajak) terhadap kepuasan wajib pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Teluk Betung.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif, penelitian dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Teluk Betung yang beralamat di Jln. Pangeran Emir M. Noer No. 5A Kelurahan Sumur Putri, Kecamatan Teluk Betung Selatan, Kota Bandar Lampung. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun 2020 dan menggunakan variabel independen (X) yaitu  Pelayanan dan variabel (Y) Kepuasan Wajib Pajak. Responden yang digunakan sebagai sampel penelitian berjumlah 50 orang. Berdasarkan penelitian, disimpulkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan wajib pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Teluk Betung.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved