ANALISISPENGALAMAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK DI KABUPATEN LAMPUNG TENGAH


2020

GUSTIA MAYASARI RONI



Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (KESBANGPOL) Kabupaten Lampung Tengah dalam menjalankan kegiatannya berpedoman kepada Visi dan Misi Bupati Kabupaten Lampung Tengah sebagai penuntun dan petunjuk arah tujuan yang hendak di capai oleh Bupati Kabupaten Lampung Tengah. Kinerja pegawai adalah sebagai seluruh hasil yang diproduksi pada fungsi pekerjaan atau aktivitas khusus selama periode khusus sedangkan Pengalaman kerja seseorang berkaitan dengan pengalaman kerjanya. Identifikasi masalah penelitian ini, masih terdapat pegawai yang belum mempunyai pengalaman kerja dan terampil dalam bekerja Kinerja pegawai masih belum optimal sesuai yang diharapkan, sedangkan perumusan masalah penelitian “Apakah Pengalaman kerjaberpengaruh terhadap Kinerja pegawai pada Badan Kesatun Bangsa dan Politik (KESBANGPOL) di Kabupaten Lampung Tengah?. Tujuan penelitian, Untuk menganalisis pengaruh Pengalaman kerja Terhadap Kinerja pegawai pada Badan Kesatun Bangsa dan Politik (KESBANGPOL) di Kabupaten Lampung Tengah.Metode analisis penelitian kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian bahwa nilai R square sebesar 0.247. Nilai R square ini menunjukkan bahwa besarnya kontribusi variabel independen Pengalaman kerja (X) terhadap variabel dependen Kinerja (Y) pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (KESBANGPOL) di Kabupaten Lampung Tengah adalah sebesar 24,7%. Hal tersebut dikarenakan faktor lain lebih menonjol namun demikian meskipun terlihat kecil tetapi secara signifikan tetap mempengaruhi variabel dependen, sedangkan sisanya sebesar 75,3% ditentukan oleh variabel lain misalnya tingkat kedisiplinan pegawai, Tunjangan Penghasilan Pegawai dan suasana dalam bekerja serta faktor-faktor lain yang tidak teridentifikasi dalam penelitian ini.

Pengujian hipotesis yang menyatakan “Pengalaman kerja berpengaruh terhadap kinerja. Pengujian dilakukan dengan menggunakan uji t yang menunjukkan bahwa Semangat kerja berpengaruh terhadap produktivitas. Pengujian dilakukan dengan menggunakan uji t pada tingkat keyakinan signifikansi α 0.05. Dari hasil tingkat signifikansi sebesar 0.00 < 0.05 dengan nilai thitung>  ttabel yaitu 3.732 > 2.973, dengan demikian hipotesis diterima yang berarti pengalaman kerja berpengaruh terhadap kinerja pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (KESBANGPOL) di Kabupaten Lampung Tengah.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved