ANALISIS PENGARUH RASIO PROFITABILITAS TERHADAP PERTUMBUHAN LABA DI PT. UNILEVER INDONESIA Tbk. DI BANDAR LAMPUNG 2012 - 2019


2020

ANA FAJRIANA



Dalam rasio profitabilitas menunjukan efisiensi secara keseluruhan dan kinerja perusahaan, rasio ini bertujuan untuk melihat perkembangan laba yang di dapatkan perusahaan di setiap periodenya sehingga perusahaan dapat mengambil keputusan yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh signifikansi rasio profitabilitas dilihiat dari Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE) dan Net Prodit Margin (NPM) terhadap Pertumbuhan Laba pada PT. Unilever Indonesia, Tbk Periode 2012-2019. Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE) dan Net Prodit Margin (NPM) merupakan jenis rasio yang terdapat pada Rasio Profitabilitas.

Adapun metode pengumpulan data penilitian ini adalah data sekunder. Teknik pengumpulan penelitian ini adalah Studi Kepustakaan dan Studi Dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan regresi linear berganda. Selanjutnya pengujian hipotesis menggunakan uji t, uji F dan koefesien determinasi.

Berdasarkan Uji F secara simultan, variabel Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE) dan Net Profit Margin (NPM) memiliki pengaruh secara signifikan terhadap Pertumbuhan Laba di PT. Unilever Indonesia,Tbk dengan nilai sig 0,008 < 0,05 dan nilai fhitung 19,499 yang lebih besar dari ftabel 4,459, yang dapat diartikan bahwa terdapat hubungan yang positif dan searah antara variabel X dengan variabel Y. Menjelaskan bahwa variabel X (Return On Assets, Return On Equity dan Net Profit Margin) mempengaruhi variabel Y (Pertumbuhan Laba) sebesar 0,936 atau 93,6%.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved