Analisis Bauran Pemasaran Dalam Pembelian Sepeda Motor Matic di PT. Uber Anugerah Motor Bandar Lampung


2019

TOMY ARIMUNANDAR



ABSTRAK

 

Analisis Bauran Pemasaran Dalam Pembelian Sepeda Motor Matic di

PT. Uber Anugerah Motor Bandar Lampung

 

 

Oleh. Tomy Arimunandar

 

 

PT. Uber Anugerah Motor, merupakan salah satu dealer resmi sepeda motor Honda yang ada di Bandar Lampung. Penjualan terbanyak adalah sepeda motor jenis sport, yang kedua adalah sepeda motor jenis bebek, dan yang terakhir adalah sepeda motor jenis matic. Motor matic memiliki tingkat penjualan paling rendah dikarenakan banyak yang beranggapan bahwa sepeda motor matic ditujukan untuk wanita, karena tidak menunjukan sisi maskulin, padahal, jika ditelaah lebih lanjut, peminat motor matic tidak hanya dari kalangan wanita saja. Untuk itu, diperlukan strategi pemasaran agar penjualan motor matic bisa menyaingi penjualan motor sport maupun bebek.

 

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu dengan cara menafsirkan, menginterprestasikan, dan mengklasifikasikan dengan menggunakan kerangka teori dan kerangka konsep yang hasilnya diuraikan dan dijelaskan kedalam bentuk kalimat yang jelas, teratur, logis dan efektif sehingga diperoleh gambaran yang jelas, tepat, dan dapat ditarik kesimpulan sehingga dari beberapa kesimpulan tersebut dapat diajukan saran-saran. Penelitian ini mengambil 6 orang responden, yaitu sales dan konsumen di PT. Uber Anugerah Motor.

 

Hasil dari penelitian ini yaitu, dalam melakukan strategi penjualan motor matic, PT. Uber Anugerah Motor menggunakan bauran pemasaran yaitu 4P (Product, Price, Place, Promotion), yang sudah dilaksanakan dengan cukup baik. Kendala yang dihadapi dalam pemasaran motor mat.ic adalah adanya kompetitor produk motor matic yang berasal dari China serta terbatasnya unit yang didistribusikan oleh main dealer.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved