PENGARUH DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PENDIDIKAN DI KABUPATEN MESUJI

ABSTRAK

 

 

 

 

PENGARUH DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PENDIDIKAN DI KABUPATEN MESUJI

 

 

 

Oleh

 

Tina Evrida

 

 

 

Organisasi merupakan sebuah sistem dan kegiatan manusia yang bekerja sama untuk mencapai beberapa tujuan umum melalui pembagian pekerjaan dan fungsi  melalui  tanggung  jawab.     Sebuah  organisasi  membutuhkan  manusia sebagai sumber daya pendukung utama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Demi tercapainya tujuan organisasi, pegawai memerlukan kedisiplinan untuk lebih giat dalam bekerja sehingga hasil pekerjaan menjadi lebih baik dan lebih tepat waktu. Melihat pentingnya pegawai dalam organisasi, maka pegawai perlu lebih serius dalam melaksanakan tugasnya sehingga tujuan organisasi dapat tercapai. Dengan kedisiplinan kerja yang tinggi, pegawai akan bekerja lebih giat didalam  melaksanakan  pekerjaannya.  Meningkatkan  kinerja  organisasi  dalam suatu  instansi  secara  keseluruhan  harus  dimulai  dari  meningkatkan  kinerja individu tiap pegawai dalam instansi. Kinerja pegawai memiliki potensi besar menjadi competitive advantage yang sulit ditiru, sebagai mana yang menjadi paradigma dalam Human Capital Management.

Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan di Kabupaten Mesuji. Metode yang penulis gunakan menggunakan data primer dan data sekunder. Penelitian yang akan dilaksanakan jenis Penelitian Deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian yang bermaksud membuat pemaparan secara sistimatis, faktual, dan akurat  mengenai  fakta-fakta  dan  sifat-sifat  populasi  tertentu.  Penelitian  ini menggunakan 45 responden penelitian. Ada dua variabel dalam penelitian ini yaitu : Variabel bebas (X) dan variabel terikat dimana Disiplin Kerja (X), sebagai variabel bebas dan Kinerja Pegawai (Y) sebagai variabel terikat.

 

Dari hasil pengolahan data telah berhasil ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh Disiplin Kerja (X) terhadap Kinerja Pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh (R-square) sebesar 61,07% yang berarti Disiplin Kerja memberikan pengaruh sebesar 61,07% terhadap Kinerja Pegawai. Dari persamaan regresi Y = 15,514 + 0,624 X dan ini sesuai dengan hasil persamaan regresi bila disiplin kerja di tingkat satuan maka akan menghasilkan kinerja pegawai sebesar 0,624 satuan.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved