PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP LINGKUNGAN KERJA PEGAWAI KANTOR SEKRETARIAT DPRD PROVINSI LAMPUNG

 

ABSTRAK

 

 

 

PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP LINGKUNGAN KERJA PEGAWAI KANTOR SEKRETARIAT DPRD

PROVINSI LAMPUNG Oleh

 

 

Tri Agustina

 

Kepemimpinan dalam sebuah organisasi dituntut untuk bisa membuat individu-individu dalam organisasi yang dipimpinnya bisa berperilaku sesuai dengan yang diinginkan oleh pemimpin untuk mencapai tujuan organisasi. Maka dari itu seorang pemimpin haruslah bisa memahami perilaku individu-individu di dalam organisasi yang dipimpinnya untuk bisa menemukan kepemimpinan yang tepat bagi organisasinya. Peranan pemimpin dalam memimpin dan kepuasan bawahannya sangat menentukan, karena pegawai merupakan aset organisasi yang dinamis dan selalu berkembang.

Permasalahan di hadapi pada Kantor Sekretariat DPRD Provinsi Lampung dapat ditimbulkan karena lingkungan kerja dalam bentuk sarana dan prasarana yang disediakan kurang memadai. Kekurangan sarana dapat menimbulkan keterlambatan dalam penyelesaian pekerjaan dan tinggi rendahnya kinerja pegawai dapat ditentukan dengan dukungan lingkungan kerja yang kondusif dalam organisasi.

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah kepemimpinan berpengaruh terhadap lingkungan kerja pegawai pada Sekretariat DPRD Provinsi Lampung.  Hipotesis  yang  dirumuskan  oleh  penulis  adalah  Kepemimpinan memiliki pengaruh terhadap Lingkungan Kerja pegawai pada Sekretariat DPRD Provinsi Lampung.

Penelitian yang akan dilaksanakan jenis Penelitian Kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian yang bermaksud membuat pemaparan secara sistimatis,  faktual,  dan  akurat  mengenai  fakta-fakta  dan  sifat-sifat  populasi

tertentu. Penelitian ini menggunakan 35 responden penelitian. Ada dua variabel dalam penelitian ini yaitu : Variabel bebas (X) dan variabel terikat dimana Kepemimpinan (X) sebagai variabel bebas dan Lingkungan Kerja Pegawai (Y) sebagai variabel terikat.

Dari hasil pengolahan  data telah berhasil ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; Terdapat pengaruh antara Kepemimpinan (X) dengan Lingkungan Kerja Pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 38,7% yang berarti bahwa Kepemimpinan memberikan pengaruh sebesar 38,7% terhadap Lingkungan Kerja Pegawai.

 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved