PENGARUH LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI BAGIAN ASPIRASI HUMAS DAN PROTOKOL SEKRETARIAT DPRD PROVINSI LAMPUNG

ABSTRAK

 

PENGARUH LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI BAGIAN ASPIRASI HUMAS DAN PROTOKOL SEKRETARIAT DPRD PROVINSI LAMPUNG

 

 

 

Oleh

 

SUTANTO

 

Permasalahan  dalam  penelitian  ini  adalah  1).  Lingkungan  kerja  yang belum mendukung. Beberapa sarana penunjang pekerjaan menghambat penyelesaian pekerjaan. Terlihat dari sarana pendukung kerja yang jumlahnya terbatas, sehingga harus menunggu giliran pemakaian. Kemudian dari segi kenyamanan kerja, Hal ini menjadikan pegawai cepat merasa tidak nyaman dan mengulur pekerjaan.2). Belum optimalnya kinerja pegawai dalam melaksanakan peraturan yang ditetapkan Hal ini disebabkan oleh pengaruh lingkungan kerja yang masih belum optimal fungsinya.  tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui  pengaruh  lingkungan  kerja terhadap  kinerja pegawai  pada  Bagian Aspirasi Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Provinsi Lampung.

Pengumpulan data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan quisioner/ daftar pertanyaan. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari jumlah responden Bagian Aspirasi Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Provinsi  Lampung  adalah  30  orang  Metode  analisis  yang  digunakan  adalah dengan metode regresi linier sederhana.

Berdasarkan analisa kuantitatif diperoleh Uji hipotesis parsial melalui uji t (test) diperoleh nilai thitung antara Lingkungan Kerja (X) dengan Variabel Kinerja Pegawai (Y) sebesar = 1,845 dan thitung 1,845 > ttabel 1,70, sehingga dapat disimpulkan bahwa Lingkungan Kerja (X) berpengaruh terhadap Kinerja (Y) Persamaan regresi adalah Y = 5,290 + 0,724X, yang artinya setiap kenaikan satu point dari variabel Lingkungan Kerja akan diikuti oleh variabel Kinerja Pegawai sebesar 0,724 point. Kontribusi (R Square ) sebesar 0.2384 berarti Lingkungan Kerja berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai sebesar 23,84 %, sedangkan sisanya ditentukan oleh variabel lain.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved