HUBUNGAN LINGKUNGAN KERJA DENGAN KINERJA PEGAWAI BALAI PELATIHAN KESEHATAN (BAPELKES) PROPINSI LAMPUNG

ABSTRAK

 

 

Hubungan Lingkungan Kerja Dengan Kinerja Pegawai

Balai Pelatihan Kesehatan (BAPELKES) Propinsi Lampung

 

 

Oleh

 

 

Subyakto

NPM 16.61.201.0082.P

 

 

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara lingkungan kerja dengan kinerja pegawai Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Propinsi Lampung Tahun 2019.

Yang menjadi pokok permasalahan apakah lingkungan kerja mempunyai hubungan dengan kinerja pada pegawai Balai pelatihan kesehatan (Bapelkes) Propinsi Lampung.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Pengumpulan datanya menggunakan data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan kuisoner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Propinsi Lampung yang berjumlah 62 Orang. Penelitian menggunakan total populasi dengan skala likert. Selanjutnya uji hipotesis menggunakan chi-square test. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Lingkungan kerja di Balai Pelatihan Kesehatan Propinsi Lampung masuk dalam kategori baik yaitu 75,8%; (2) Tingkat kinerja pegwaai di Balai Pelatihan Kesehatan Propinsi Lampung masuk ke dalam kategori baik yaitu 88,8%; (3) Tidak ditemukan hubungan yang bermakna antara lingkungan kerja dengan kinerja pegawai pada Balai Pelatihan Kesehatan Propinsi Lampung dengan nilai p = 0,342.

Saran dari penulis dalam pengukuran lingkungan kerja dan kinerja pegawai sebaiknya digunakan teknik wawancara langsung kepada responden dan untuk mengukur kinerja pegawai maka perlu diteliti faktor lain yang mempengaruhinya


©2024 Repository Saburai. All rights reserved