PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI KANTOR BADAN PENGELOLAAN PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH KOTA BANDAR LAMPUNG

ABSTRAK

 

 

PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI  DI KANTOR BADAN PENGELOLAAN PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH KOTA BANDAR LAMPUNG

 

 

 

Oleh

 

 

SRI YANTI

 

 

 

 

            Budaya organisasi dapat membantu kerja pegawai, karena menciptakan suatu tingkat motivasi yang luar biasa bagi pegawai untuk memberikan kemampuan terbaiknya dalam memanfaatkan kesempatan yang di berikan oleh organisasinya, maka penulis tertarik melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kota Bandar Lampung

Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Budaya Organisasi Menurut Anwar Prabu Mangkunegara (2010), mendefinisikan bahwa Budaya Organisasi adalah seperangkat asumsi atau sistem keyakinan, nilai-nilai dan norma yaang dikembangkan dalam organisasi yang dijadikan pedoman tingkahlaku bagi anggota-anggotanya untuk mengatasi masalah adaptasi eksternal dan integrasi internal. Kinerja menurut (Rivai, 2016:110), adalah hasil atau tingkat keberhasilan seseorang atau keseluruhan selama periode tertentu di dalam melaksanakan tugas dibandingkan dengan berbagai kemungkinan, seperti standar hasil kerja, target atau sasaran atau kriteria yang telah ditentukan terlebih dahulu dan telah disepakati bersama.

            Penelitian dalam bentuk skripsi ini dilakukan pada Kantor Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kota Bandar Lampung, yang beralamatkan di Jl. Dr. Susilo No. 2 Bandar Lampung.

            Hasil Penelitian didapatkan Budaya Organisasi memiliki pengaruh yang besar yaitu sebesar 86.1% terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kota Bandar Lampung. Sedangkan 13.9% (persen) sisanya adalah pengaruh dari variabel atau faktor-faktor lain diluar model.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved