ABSTRAK
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI KANTOR BADAN PENGELOLAAN PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH KOTA BANDAR LAMPUNG
Oleh
SRI YANTI
Budaya organisasi dapat membantu kerja pegawai, karena menciptakan suatu tingkat motivasi yang luar biasa bagi pegawai untuk memberikan kemampuan terbaiknya dalam memanfaatkan kesempatan yang di berikan oleh organisasinya, maka penulis tertarik melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kota Bandar Lampung”
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Budaya Organisasi Menurut Anwar Prabu Mangkunegara (2010), mendefinisikan bahwa Budaya Organisasi adalah seperangkat asumsi atau sistem keyakinan, nilai-nilai dan norma yaang dikembangkan dalam organisasi yang dijadikan pedoman tingkahlaku bagi anggota-anggotanya untuk mengatasi masalah adaptasi eksternal dan integrasi internal. Kinerja menurut (Rivai, 2016:110), adalah hasil atau tingkat keberhasilan seseorang atau keseluruhan selama periode tertentu di dalam melaksanakan tugas dibandingkan dengan berbagai kemungkinan, seperti standar hasil kerja, target atau sasaran atau kriteria yang telah ditentukan terlebih dahulu dan telah disepakati bersama.
Penelitian dalam bentuk skripsi ini dilakukan pada Kantor Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kota Bandar Lampung, yang beralamatkan di Jl. Dr. Susilo No. 2 Bandar Lampung.
Hasil Penelitian didapatkan Budaya Organisasi memiliki pengaruh yang besar yaitu sebesar 86.1% terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kota Bandar Lampung. Sedangkan 13.9% (persen) sisanya adalah pengaruh dari variabel atau faktor-faktor lain diluar model.
©2024 Repository Saburai. All rights reserved