ANALISIS KELAYAKAN PENGEMBANGAN USAHA TEPUNG MOCAF DALAM MENINGKATKAN TARAF HIDUP MASYARAKAT DI DESA KENANGA LIWA LAMPUNG BARAT

ABSTRAK

 

ANALISIS KELAYAKAN PENGEMBANGAN USAHA TEPUNG MOCAF DALAM MENINGKATKAN TARAF HIDUP MASYARAKAT DI

DESA KENANGA LIWA LAMPUNG BARAT

 

Oleh

SRI HARYANTI

 

 

Salah satu modifikasi tepung ubikayu yang memiliki nilai jual yang cukup tinggi adalah tepung Mocaf. Tepung Mocaf merupakan singkatan dari (Modified Cassava Flour). Sederhananya adalah tepung dari singkong yang telah dimodifikasi dengan cara difermentasi. Dengan cara ini, aroma singkong menjadi hilang. Keunggulan dari tepung mocaf adalah kandungan kalsium dalam tepung mocaf yang lebih tinggi dari gandum maupun padi.

Identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah pengembangan usaha dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat Desa Kenanga masih kurang layak serta rendahnya pengembangan usaha mengakibatkan rendahnya taraf hidup masyaraat desa Kenanga. Perumusan masalah adalah : “Apakah pengembangan usaha tepung mocaf akan berdampak dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat di Desa Kenangan Liwa Lampung Barat?”.

Hasil penelitian didapatkan bahwa proses pengolahan tepung mocaf diawali dengan sortasi ubi yang akan diolah kemudian dilanjutkan dengan pengupasan kulit ubi kayu. Ubi yang baru selesai dikupas langsung direndam dalam air lalu dicuci sebanyak 2 kali agar bersih dari kotoran yang menempel saat pengupasan. Selanjutnya dicacah dengan menggunakan mesin perajang ubi. Hasil cacahan kemudian difermentasi dengan cara perendaman dalam air yang telah dicampur dengan starter Bimo CF selama 12-15 jam untuk mengubah struktur ubi kayu sehingga dapat mengurangi aroma dan rasa pahit ubi kayu. Selain itu juga untuk meningkatkan kecerahan warna tepung.

Kesimpulan dari penelitian ini agroindustri pengolahan tepung mocaf sangat layak untuk diusahakan. Saran yang penulis sampaikan hendaknya pemerintah daerah lebih memperhatikan pengembangan usaha tepung mocaf di Desa Kenanga Liwa Kabupaten Lampung Barat agar taraf hidup masyarakat setempat dapat menjadi lebih baik. Hendaknya pihak pemerintah dan swasta dapat memberikan modal / pinjaman agar dapat mengembangkan usaha tepung mocaf di daerah Desa Kenanga Liwa Kabupaten Lampung Barat.

 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved