PENGARUH MOTIVASI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMP NEGERI 16 KABUPATEN PESAWARAN


2019

Siska putri utami



ABSTRAK

 

 

PENGARUH MOTIVASI KEPALA SEKOLAH TERHADAP

KINERJA GURU DI SMP NEGERI 16 KABUPATEN PESAWARAN

 

 

Oleh

 

 

SISKA PUTRI UTAMI

 

 

 

Objek penelitian adalah SMP Negeri 16 Pesawaran berlokasi di jalan raya desa Baturaja kecamatan Way Lima Kabupaten Pesawaran. Masalah yang dihadapi adalah penguasaan materi oleh guru mata pelajaran belum baik, guru belum berkontribusi dengan baik dalam penyusunan rencana kegiatan pertahun,           belum adanya usaha dari pejabat sekolah yang diangkat diarahkan kepada peneydia kepemimpinan, melibatkan stimulasi pertumbuhan profesional dan perkembangan dari guru-guru, dan fasilitas belum memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMP Negeri 16 Pesawaran. Responden dalam penelitian ini adalah guru SMP Negeri 16 Pesawaran yang berjumlah 78 orang. Variabel yang digunakan terdiri dari variabel kinerja (Y) sebagai variabel terikat dan variabel bebas yaitu motivasi (X).

Penelitian ini menggunakan teknik sampel total sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini sebagai alat pengumpulan data menggunakan angket/kuisioner. Metode  analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan aplikasi Smart Partial Least Square (Smart-PLS) yang digunakan untuk memprediksi dan mengembangkan teori.

Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa Motivasi Kepala Sekolah berpengaruh terhadap Kinerja Guru koefisien jalur sebesar 0,971 atau 97,1 % dan diperoleh angka koefisien determinasi (R2) sebesar 0,943 artinya  variasi kinerja guru dapat dijelaskan oleh varilabel konstruk motivasi kepala sekolah sebesar 94,3 % sedangkan 5,7% dipengaruhi oleh variabel lain. Pada penelitian ini indikator yang paling berpengaruh positif terhadap kinerja guru adalah mengelola program, mengelola kelas dan mengenal serta menyelenggarakan administrasi sekolah. Sedangkan indikator yang paling berpengaruh untuk mengukur motivasi kepala sekolah adalah meningkatkan produktifitas kerja pegawai, mengefektifkan pengadaan pegawai, dan meningkatkan efisiensi penggunaan alat-alat dan perlengkapan.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved