PENGARUH SARANA DAN PRASARANA KERJA TERHADAP EFESIENSI KERJA PEGAWAI DI LEMBAGA PERMASYARAKATAN NARKOTIKA KELAS IIA BANDAR LAMPUNG


2019

SISKA LISTIANA



ABSTRAK

 

PENGARUH SARANA DAN PRASARANA KERJA TERHADAP EFESIENSI KERJA PEGAWAI DI LEMBAGA PERMASYARAKATAN NARKOTIKA KELAS IIA BANDAR LAMPUNG

 

 

Oleh

SISKA LISTIANA

 

 

 

Pada Lembaga Permasyarakatan Narkotika Kelas IIa Bandar Lampung selalu ditemui kendala dalam hal proses pencapaian efesiensi kerja. Perlu dipahami bahwa efesiensi kerja yang diharapkan dari seorang pegawai tidak mudah karena dipengaruhi oleh berbagai faktor kompensasi, kepuasan, motivasi, lingkungan kerja, dan masih banyak lagi faktor lainnya. Berdasarkan faktor-faktor tersebut, maka dilakukan penelitian dengan judul pengaruh sarana dan prasarana kerja terhadap efesiensi kerja di Lembaga Permasyarakatan Narkotika Kelas IIa Bandar Lampung.

 

Sarana kantor merupakan suatu fasilitas pelengkap berupa barangatau benda bergerak secara langsung dapat digunakan untuk memudahkan pelaksanaan proses kegiatan kantor dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. prasarana adalah segala yang merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses. Efisiensi adalah ketepatan cara dan kemampuan menjalankan tugas dengan baik, tepat, dan mendapatkan hasil yang maksimum tanpa mengganggu keseimbangan antara faktor – faktor tujuan, alat, tenaga dan waktu.

 

Metode analisis  data yang digunakan adalah analisis statistik regresi linier sederhana dan menggunakan uji t untuk menganalisis keeratan hubungan variabel secara individual, sedangkan pengujian instrumen menggunakan uji validitadas dan reliabilitas.

 

Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara sarana dan prasarana kerja dengan efesiensi kerja pegawai dengan koefisienan korelasi (R) sebesar 0,347 dan koefisienan determinasi sebesar 0,120. Hal ini berarti bahwa sebesar 12% efesiensi kerja pegawai yang ada dipengaruhi oleh sarana dan prasarana kerja kerja. Uji hipotesis dari persamaan regresi tersebut menunjukan bahwa sarana dan prasarana kerja bernilai positif sebesar 0,347.

 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved