PENGARUH PROFESIONALISME DAN SARANA PRASARANA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG PROVINSI LAMPUNG

ABSTRAK

 

 

 

PENGARUH PROFESIONALISME DAN SARANA PRASARANA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG PROVINSI LAMPUNG

 

 

Oleh

 

OKTAFIANTY

 

 

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profesionalisme dan sarana prasarana terhadap produktivitas kerja pegawai pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Lampung, Hipotesis dalam penelitian adalah Ada pengaruh profesionalisme terhadap produktivitas kerja pegawai pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Lampung.

Jenis penelitian adalah kuantitatif. Populasi yang dimaksud disini adalah pegawai pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Lampung sebanyak 97 orang pegawai dan sampel diambil sebanyak 97 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis kuantitatif untuk menguji hipotesis asosatif (pengaruh antar variabel) menggunakan pendekatan Analisis Regresi Linier Sederhana.

Hasil penelitian diperoleh hasil Uji-t didapatkan nilai thitung  yaitu = 4,551. Apabila dibandingkan dengan ttabel  pada tingkat kepercayaan 95% dan α = 0,05 yaitu 1,66 maka thitung = 4,551 > ttabel = 1,66 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh secara parsial antara Variabel X1 (profesionalisme) terhadap variabel Y (Produktivitas kerja pegawai) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Lampung. Hasil Uji-t didapatkan nilai thitung yaitu = 2,367. Apabila dibandingkan dengan ttabel pada tingkat kepercayaan 95% dan α = 0,05 yaitu 1,66 maka thitung  = 2,367 > ttabel  = 1,66 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial antara Variabel   X2 (Sarana dan prasarana) terhadap variabel Y (Produktivitas kerja pegawai) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang   Provinsi Lampung. Hasil Uji-F didapatkan nilai Fhitung  yaitu = 11,208. Apabila dibandingkan dengan Ftabel  pada tingkat kepercayaan 95% dan α = 0,05 yaitu 3.07 maka Fhitung = 11,208 > Ftabel = 3.07 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan antara Variabel X1  (profesionalisme) dan X2 (sarana dan prasarana) terhadap variabel Y (Produktivitas kerja pegawai) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Lampung.

Simpulan  dalam  penelitian  ini  adalah  terdapat  pengaruh  antara (profesionalisme dan sarana dan prasarana terhadap Produktivitas kerja pegawai Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Lampung..


©2024 Repository Saburai. All rights reserved