210. PENGARUH PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG KABUPATEN PESISIR BARAT

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengembangan sumber daya manusia dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Pesisir Barat.

Adapun jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian Explanatory. Metode Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Penelitian ini menggunakan 86 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu: 2 (dua) Variabel bebas (X1 dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat dimana pengembangan sumber daya manusia (X1) dan Motivasi Kerja (X2) sebagai variabel bebas dan kinerja pegawai (Y) sebagai variabel terikat.

Berdasarkan hasil pengolahan data ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh Pengembangan SDM (X1) terhadap kinerja pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh (R2) sebesar 44,6%. Terdapat pengaruh Motivasi Kerja (X2) terhadap kinerja pegawai (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 33,9%. Terdapat pengaruh pengembangan sumber daya manusia (X1) dan motivasi kerja (X2) secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 53,3%.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved