PENGARUH KEMAMPUAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. SUMBER JAYA PRIMA KENCANA LAMPUNG SELATAN

 

 

 PT. Sumber Jaya Prima Kencana Lampung Selatan dalam upaya mencapai tujuannya masih terkendala dengan persoalan SDM khususnya pada kinerja karyawan yang kurang optimal, hal ini terlihat dari masih ada pekerjaan yang tidak dapat terselesaikan tepat pada waktunya. Hal ini diduga merupakan dampak dari persoalan lain, salah satunya adalah kemampuan kerja karyawan yang masih belum sesuai dengan harapan.Objek pada penelitian ini adalah permasalahan kemampuan kerja dan kinerja karyawan pada PT. Sumber Jaya Prima Kencana Lampung Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan kerja terhadap kinerja. Hipotesis yang diajukan adalah ada pengaruh kemampuan kerja terhadap kinerja karyawan.
  Sampel yang digunakan sebanyak 33 karyawan. Pengolahan data primer dengan pendekatan metode analisis kuantitatif dibantualat statistik aplikasi program SPSS versi 21.0. untuk perhitungan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linier sederhana dan uji koefisien determinasi.
             Hasil penelitian menunjukkan nilai t hitung untuk kemampuan kerja yaitu 10,655 dan pada t tabel dengan taraf signifikan 0.05 diperoleh 2,0345 karena   t  hitung> t tabel maka Ha diterima. Signifikasi variabel kemampuan kerja adalah 0.00 yang berarti probabilitas 0.00, karena probabilitas kurang dari 0,05 maka Ha diterima, artinya kemampuan kerja berpengaruh terhadap kinerja  karyawan PT. Sumber Jaya Prima Kencana Lampung Selatan. Nilai R Square  sebesar 0.739 artinya sebesar 73,9 % variasi perubahan variabel terikat kinerja mampu dijelaskan oleh variabel bebas kemampuan kerja sedangkan sisanya 26,1% lagi dijelaskan faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Saran yang dapatdisampaikan adalah: Kepada pimpinan PT. Sumber Jaya Kencana untuk dapat menghimbau kepada seluruh karyawan agar selalu menambah kemampuan dan keterampilan dalam melaksanakan peran dan fungsinya di dalam instansi; Kepada karyawan PT. Sumber Jaya Kencana agar membuka wawasan dan pola pikir positif
dalam bekerja yaitu dengan berorientasi pada pengayaan dan peningkatan kemampuan kerja sesuai dengan bidang pekerjaannya.

 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved