PENGARUH DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PUSKESMAS DAYA MURNI KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT


2019

NOVIANA EKA INDRAWATI



ABSTRAK

 

 

 

PENGARUH DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PUSKESMAS DAYA MURNI KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT

 

 

 

 

Oleh

 

 

 

NOVIANA EKA INDRAWATI

 

 

 

 

 

 

Disiplin kerja adalah suatu keadaan tertib dimana keadaan seseorang atau sekelompok orang yang tergabung dalam organisasi berkehendak mematuhi dan menjalankan peraturan-peraturan baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis dengan dilandasi kesadaran dan keinsyafan akan tercapainya keinginan yang diharapkan sehingga produktivitasnya meningkat. Sedangkan kinerja adalah keberhasilan seseorang didalam melaksanakan pekerjaan. Obyek dalam penelitian ini adalah pegawai Puskesmas Daya Murni Kabupaten Tulang Bawang Barat yang beralamatkan di Jalan Jendral Sudirman Nomor 298 Kelurahan Dayamurni Kecamatan Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat. Masalah dalam penelitian ini adalah disiplin   pegawai belum baik, sehingga berakibat langsung kepada pencapaian target kinerja yang tidak sempurna. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja pegawai Puskesmas  Daya  Murni  Kabupaten  Tulang  Bawang  Barat.  Hipotesis  yang diajukan adalah ada pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja pegawai Puskesmas Daya Murni Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik populasi/ total sampling

dari seluruh pegawai Puskesmas Daya Murni dengan jumlah responden sebanyak

45 responden. Pengolahan data primer dengan pendekatan metode analisis kuantitatif dibantu dengan  alat statistik aplikasi program SPSS versi 21.0. dengan output uji validitas, reliabilitas,  regresi linier dan koefisien determinasi.

Hasil perhitungan menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis nilai t hitung sebesar 8,235 > t tabel sebesar 1,68, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa disiplin kerja berpengaruh positif   terhadap kinerja. Dengan demikian hipotesis yang  diajukan  pada  penelitian  ini  dapat  terbukti,  dengan  besaran  pengaruh variabel disiplin kerja terhadap kinerja berdasarkan uji determinasi (R2) adalah

0,629 artinya sebesar 62,9% variabel disiplin kerja mampu menjelaskan variabel kinerja, sedangkan sisanya sebesar 37,1% merupakan pengaruh variabel lain di luar penelitian ini.

 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved