Word of mouth (WOM) adalah proses komunikasi yang berupa pemberianrekomedasi baik secara individu maupun keloampok terhadap suatu produk ataujasa yang bertujuan untuk memberikan informasi secara personal. Permasalahandalam penelitian ini adalah penjualan yang berfliktuatif disinyalir disebabkanwabah virus corona dan upaya promosi pemasaran yang belum optimal. Tujuanpenelitian untuk mengetahui pengaruh word of mouth (WOM) terhadap pembeliankonsumen CV. Arto Jaya Abadi.
Objek penelitian bagi penulis adalah CV. Arto Jaya Abadi yang telah berdiri sejak19 Januari 2016 dan beralamatkan di jalan Akasia Blok A3 No. 12 KelurahanBeringin Raya, Kecamatan Kemilling, Kota Bandar Lampung.Sedangkan Perumusan masalah penelitian adalah “ Apakah word of mouth (WOM)berpengaruh terhadap pembelian konsumen di CV.Arto Jaya Abdi” dan dalam halini konsumennya merupakan purchasing.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian menggunakan metodepenelitian deskritif kuntitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan berupadata primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalahobservasi dan kuesioner. Sampel yang akan ditentukan dari jumlah sampelsebanyak 35 konsumen tetap CV. Arto Jaya Abadi di Bandar Lampung.
Hasil pengujian hipotesis pengaruh word of mouth (X) terhadap keputusanpembelian (Y) menunjukan bahwa Nilai t ii hitung varaiabel word of mouth yaitu 6.865 nilai ttabel 1.724, karena t hitung > t tabel maka Ha diterima artinya word ofmouth berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian CV. Arto Jaya Abadi diBandar lampung. Kontribusi ( R Square ) sebesar 0.588 artinya sebesar 58.8%variasi perubahan variabel keputusan pembelian mampu dijelaskan oleh variabelword of mouth. Sedangkan sisanya 41.2% lagi dijelaskan oleh variabel lain diluardari variabel penelitian ini. Kata Kunci :
©2024 Repository Saburai. All rights reserved