ANALISIS PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN CV.ARTO JAYA ABADI DI BANDAR LAMPUNG


2021

ANDI MALAWENTA SURYA



Word of mouth  (WOM) adalah proses komunikasi yang berupa pemberian
rekomedasi baik secara individu maupun keloampok terhadap suatu produk atau
jasa yang bertujuan untuk memberikan informasi secara personal. Permasalahan
dalam penelitian ini adalah penjualan yang berfliktuatif disinyalir disebabkan
wabah virus corona dan upaya promosi pemasaran yang belum optimal. Tujuan
penelitian untuk mengetahui pengaruh word of mouth (WOM) terhadap pembelian
konsumen CV. Arto Jaya Abadi.

Objek penelitian bagi penulis adalah CV. Arto Jaya Abadi yang telah berdiri sejak
19 Januari 2016 dan beralamatkan di jalan Akasia Blok A3 No. 12 Kelurahan
Beringin Raya, Kecamatan Kemilling, Kota Bandar Lampung.Sedangkan 
Perumusan masalah penelitian adalah “ Apakah word of mouth (WOM)
berpengaruh terhadap pembelian konsumen di CV.Arto Jaya Abdi” dan dalam hal
ini konsumennya merupakan purchasing.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian menggunakan metode
penelitian deskritif kuntitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa
data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi dan kuesioner. Sampel yang akan ditentukan dari jumlah sampel
sebanyak 35 konsumen tetap CV. Arto Jaya Abadi di Bandar Lampung.

Hasil pengujian hipotesis pengaruh word of mouth  (X)  terhadap keputusan
pembelian (Y)  menunjukan bahwa Nilai t 
ii 
hitung
 varaiabel word of mouth yaitu 
6.865 nilai t
tabel 
 1.724, karena t 
hitung
 > t 
tabel
  maka Ha  diterima artinya word of
mouth berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian CV. Arto Jaya Abadi di
Bandar lampung. Kontribusi ( R Square ) sebesar 0.588 artinya sebesar 58.8%
variasi perubahan variabel keputusan pembelian mampu dijelaskan oleh variabel
word of mouth. Sedangkan sisanya 41.2%  lagi dijelaskan oleh variabel lain diluar
dari variabel penelitian ini.
 
Kata Kunci : 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved