205. ANALISIS KOMPETENSI PEGAWAI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH (BPBD) KOTA BANDAR LAMPUNG

 

Kompetensi pegawai merupakan masalah yang sangat penting bagi sebuah organisasi. Kinerja pegawai yang tinggi sangat ditentukan oleh kompetensi yang dimiliki oleh setiap pegawai demi tercapainya sebuah tujuan organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kompetensi pegawai dan lingkungan kerja dengan kinerja pegawai pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Bandar Lampung.

 

Penelitian yang akan dilaksanakan adalah penelitian deskriptif. Dengan yang terdiri 38 responden penelitian. Dan tiga variabel : 2 (dua) Variabel bebas (X1 dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat dimana sebagai variabel bebas kompetensi pegawai (X1) dengan instrumen pernyataan sebanyak 15 instrumen dan lingkungan kerja (X2) dengan instrumen pernyataan sebanyak 15 instrumen serta kinerja pegawai (Y) sebagai variabel terikat dengan instrumen pernyataan sebanyak 15 instrumen.

Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan ada pengaruh kompetensi pegawai (X1) terhadap kinerja pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 39,1%. Terdapat pengaruh lingkungan kerja (X2) terhadap kinerja pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 25,8%. Terdapat pengaruh kompetensi pegawai (X1) dan lingkungan kerja (X2) secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 43,2%.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved