PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR PELAYANAN KEKAYAAN NEGARA DAN LELANG BANDAR LAMPUNG


2019

NIKO PRASTIYA



ABSTRAK

 

PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR PELAYANAN KEKAYAAN NEGARA DAN LELANG BANDAR LAMPUNG

 

                                                              Oleh

 

NIKO PRASTIYA

 

 

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bandar Lampung sebagai kantor pelayanan vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara memberikan layanan kepada pengguna jasa sesuai dengan misi DJKN yang meliputi Pengelolaan Kekayaan Negara, Pengurusan Piutang Negara, Pelayanan Penilaian, dan Pelayanan Lelang, terletak di Jalan Basuki Rahmat Nomor 12, Teluk Betung Bandar Lampung.

Permasalahan yang terjadi pada KPKNL Bandar Lampung adalah kompetensi pegawai yang selalu berubah seiring dengan adanya perubahan formasi pegawai yang disebabkan mutasi internal maupun eksternal sedangkan target KPKNL Bandar Lampung setiap tahunnya mengalami peningkatan. Selain itu Kinerja Pegawai yang belum maksimal yang ditandai dengan terdapat beberapa Capaian Kinerja yang belum Optimal, sedangkan 5 (lima) target utama KPKNL Bandar Lampung yang terus meningkat setiap tahun.

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi yang dimiliki pegawai KPKNL Bandar Lampung terhadap Kinerja Pegawai KPKNL Bandar Lampung. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 38 orang/responden, karena jumlah pegawai yang ada pada KPKNL Bandar Lampung adalah 38 orang (kurang dari 100 responden). Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan skala likert, dimana analisis yang digunakan yaitu regresi linear sederhana.

Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, hasil dari penelitian ini membuktikan terdapat pengaruh positif dari kompetensi pegawai KPKNL Bandar Lampung terhadap Kinerja pegawai KPKNL Bandar Lampung. Adapun saran yang dapat penulis sampaikan adalah perlunya peningkatan kompetensi pegawai yang dilakukan secara berkesinambungan untuk menjawab tantangan target kinerja yang semakin meningkat dari masa ke masa.

 

 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved