PENGARUH KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. TRIGUNUNG PADUTAMA DI BANDAR LAMPUNG

ABSTRAK

PENGARUH KOMPENSASI TERHADAP KINERJA

KARYAWAN PADA PT. TRIGUNUNG PADUTAMA                                            DI BANDAR LAMPUNG

 

Oleh

NGATIMIN

Pemberian kompensasi sangat penting artinya bagi karyawan karena dapat menjadi pendorong semangat kerja karyawan. Selain itu, besar kecilnya kompensasi secara tidak langsung akan menjadi tolok ukur kinerja karyawan. Identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah kompensasi belum memadai serta pembagiannya seringkali terlambat, serta penyelesaian pekerjaan yang tidak tepat waktu, pelayanan kurang efektif atau terkesan lambat merupakan cerminan dari rendahnya kinerja karyawan. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan?. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan pada PT. Trigunung Padutama di Bandar Lampung.

 

Objek penelitian ini adalah seluruh karyawan pada PT. Trigunung Padutama yang berjumlah 92 orang karyawan. Pengujian Hipotesis menggunakan uji T untuk mengetahui pengaruh variabel independen secara parsial terhadap variabel dependen. Berdasarkan hasil Uji t didapat nilai thitung = 4,698. Apabila dibandingkan dengan t tabel pada taraf signifikan yaitu 1,661, maka thitung = 4,698> ttabel  = 1,661.

 

Uji Hipotesis melalui uji t (test) diperoleh nilai thitung. Kompensasi terhadap kinerja karyawan sebesar 4,698, dan hasil thitung =4,698> ttabel = 1,661. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan pada PT. Trigunung Padutama. Hasil  uji koefisien determinasi (KD), sebesar 67,8% ini berarti kompensasi mempunya pengaruh terhadap kinerja karyawan sebesar 67,8% dan sisanya sebesar 32,2% dipengaruhi faktor lain.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved